London (ANTARA News) - Grup musik rock progresif asal Inggris, Pink Floyd, menduduki puncak tangga album lagu di Inggris untuk pertama kali setelah hampir 20 tahun, dengan album "The Endless River", kata perusahaan pendata peringkat album di Inggris, Minggu.

Album "The Endless River", yang baru diluncurkan dan disebut Pink Floyd sebagai album terakhir band itu, menjadi album paling cepat terjual ketiga tahun ini setelah terjual lebih dari 139.000 keping selama pekan belakangan, lapor Reuters.

Sebagai penghormatan kepada Rick Wright, pemain keyboard band tersebut yang meninggal pada 2008, "The Endless River" merupakan album keenam milik Pink Floyd yang menjadi nomor satu di tangga album Inggris, dan yang pertama kali sejak album "Pulse" pada 1995.

Sementara itu, band Foo Fighters dengan albumnya yang berjudul "Sonic Highways" baru memasuki tangga album dan menduduki urutan kedua, sedangkan album "X" milik penyanyi Ed Sheeran yang sebelumnya menjadi juara meluncur ke posisi ketiga.

Sheeran juga masuk dalam tangga lagu single, di mana lagunya "Thinking Out Loud" tetap berada di urutan kedua, di atas lagu dari boy band One Direction "Steal My Girl", yang naik enam peringkat ke posisi ketiga.

Sementara juara pertama dari tangga lagu single di Inggris adalah lagu versi cover selebriti Avicii "Wake Me Up", yang diproduksi oleh All Star Choir pimpinan Gareth Malone sebagai bagian dari program amal Children in Need. (Y012/B002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014