Kita harus mempersiapkan dari sekarang."
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menginginkan Indonesia yang telah terpilih menjadi tuan rumah Asian Games 2018 agar tidak hanya menjadi tuan rumah yang baik tetapi juga membanggakan.

"Diharapkan tahun 2018 kita menjadi tuan rumah yang baik... tuan rumah yang membanggakan," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengutarakan harapan Presiden Jokowi setelah Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Menurut Sofyan Djalil, maksud dari tuan rumah yang membanggakan adalah Indonesia dapat memperoleh jumlah medali yang representatif sesuai dengan RI sebagai negara besar.

Untuk itu, pemerintah juga bertekad untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya guna menjadi tuan rumah Asian Games 2018 meskipun penyelenggaraanya masih sekitar empat tahun lagi.

"Kita harus mempersiapkan dari sekarang," katanya.

Ia juga mengemukakan, persiapan yang harus dilakukan adalah terkait persiapan atlit, tempat penyelenggaraan hingga panitia acaranya.

Sebagaimana diketahui, dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar pada Senin (17/11) ini, Asian Games 2018 menjadi salah satu hal pokok yang dibahas.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo, pelaksanaan Asian Games 2018 di Tanah Air akan menjadi prioritas pada awal jabatannya.

"Asian Games jadi prioritas. Memang masih empat tahun. Tapi semuanya harus dimaksimalkan termasuk membicarakan dengan stakeholder lainnya," kata Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (27/10).

Menurut dia, Asian Games 2018 menyangkut wajah Indonesia di mata internasional. Untuk itu pihaknya, dengan dukungan dari pemangku kepentingan lain, akan berusaha semaksimal mungkin menyukseskan pesta olahraga terbesar di Asia itu.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014