Nggak sangka...Saya nggak yakin kalau (dia) sengaja (memakai doping),"
Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis Taufik Hidayat tidak menyangka atlet sekaliber Lee Chong Wei bisa terkena kasus doping seperti yang terjadi saat ini.

"Nggak sangka...Saya nggak yakin kalau (dia) sengaja (memakai doping)," ujar Taufik di sela kunjungannya ke kampung halaman di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Senin.

Ia mengatakan, seharusnya atlet sekelas Lee Chong Wei tahu apa yang masuk ke badannya.

"Apakah dia tahu kalo dalam suntikan (untuk mengobati cedera paha) itu ada dopingnya?" kata Taufik yang menyayangkan Chong Wei tidak melaporkan apa saja yang dilakukannya (termasuk suntikan obat) beberapa sebelum pemeriksaan doping tersebut.

Juara Olimpiade Athena 2004 itu mengatakan, musuh besar atlet itu ada dua, yang pertama musuh dari dalam adalah dirinya sendiri, dan yang kedua dari luar, adalah doping.

"Ini pelajaran buat atlet, jangan sampai cuma bisa main saja, tetapi ada hal-hal di samping itu yg bisa merusak seperti doping. Jadi harus benar-benar tahu apa yg dikonsumsi, obat yang digunakan," paparnya.

Meski mengaku belum tahu persis kasus doping tersebut, karena belum ada pengakuan dari pemain nomor satu dunia itu, mau pun keterangan dari dokter dan BWF, Taufik mengatakan, akibat kasus ini bulu tangkis menjadi sorotan.

"Mudah-mudahan dia kuat," ujarnya berharap salah satu teman baiknya itu mampu menjalani sanksi yang dijatuhkan kepadanya.

Taufik mengatakan, untuk menghindari doping, seorang atlet harus hati-hati dengan apa yang dikonsumsinya, asal usul makanan dan minumannya.

Kalau sakit, lanjutnya, atlet tidak boleh sembarangan minum obat. "Kalau saya selalu tanya dokter, obat apa yang harus saya minum. Nggak berani beli obat sembarangan di apotek," katanya.

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014