Paris (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Prancis Bernard Cazeneuve mengatakan kemungkinan kuat salah seorang dalam barisan militan ISIS berpenutup wajah yang tampil dalam video eksekusi pekerja sosial Amerika Serikat dan beberapa tentara Suriah, adalah warga negara Prancis.

"Video itu telah dianalisis oleh dinas intelijen kami," kata Cazeneuve seraya mengatakan kemungkinan besar seorang warga negara Prancis terlibat langsung dalam kejahatan tercela tersebut.

Pria itu terlihat dalam video mengerikan yang dirilis Minggu dan menunjukkan kepala terpenggal warga AS Peter Kassig dan pemenggalan paling tidak 18 orang yang diyakini personel militer Suriah.

Cazeneuve mengatakan pria itu diyakini bernama Maxime Hauchard yang lahir pada 1992 di Normandy, Prancis utara.  Dia pergi ke Suriah pada Agustus 2013 setelah tinggal di Mauritania pada 2012.

Seorang sumber intelijen mengungkapkan bahwa mereka tengah memverifikasi apakah ada orang Prancis kedua yang ada di antara para militan dalam video tersebut, demikian AFP.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014