Fitur Augmented Reality ditujukan untuk memanjakan nasabah dan pengguna kartu kredit Danamon yang hobi belanja atau wisata kuliner.

Jakarta (ANTARA News) - Di era serba digital sekarang ini, serba cepat dan serba simpel merupakan kata kunci. Di era perbankan, kini ditawarkan bertransaksi perbankan melalui smartphone yang terhubung dengan jaringan data baik GPRS / 3 G, EVDO-CDMA, maupun koneksi WiFi.

Kini, PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. meluncurkan Danamon-Mobile atau "D-Mobile", aplikasi mobile banking untuk transaksi perbankan melalui "smartphone" yang terhubung dengan jaringan data baik GPRS / 3 G, EVDO-CDMA, maupun koneksi WiFi.

Aplikasi bernuansa oranye-kuning versi 1.0 itu dinyatakan sebagai "sahabat baru layanan perbankan" nasabah Danamon karena diklaim memberikan beberapa kemudahan dalam layanan perbankan.

Layanan perbankan yang tersedia pada aplikasi yang mendapat penilaian lima bintang itu antara lain: pengecekan informasi saldo, transfer dana, pembelian isi ulang pulsa, pembayaran kartu kredit, dan pembayaran tagihan bulanan lain.

Selain itu, aplikasi "D-Mobile" juga dilengkapi beberapa fitur unggulan, antara lain "Augmented Reality" dan "SosMed D-Cash".

Augmented Reality dan Sos-Med D-Cash

Direktur Consumer Banking Danamon Michellina Triwardhany menjelaskan, fitur "Augmented Reality" merupakan aplikasi khusus bagi nasabah yang "doyan" belanja.

"Fitur Augmented Reality ditujukan untuk memanjakan nasabah dan pengguna kartu kredit Danamon yang hobi belanja atau wisata kuliner. Fitur ini menampilkan informasi promo-promo dari Bank Danamon tang bekerja sama dengan sejumlah toko merk terntentu ataupu di restoran beradius lima kilometer dari pengguna," kata Michellina di sela-sela peluncuran aplikasi D-Mobile di Jakarta, Senin (17/11).

Michellina menambahkan, fitur "Augmented Reality" juga bisa digunakan untuk mncari tahu lokasi ATM dan cabang Danamon terdekat.

"Caranya, kita tinggal memindai dengan menggunakan kamera smartphone kita, simpel," katanya.

Informasi detil mengenai jenis promo atau diskon dan lokasi ditampilkan secara lugas dalam fitur tersebut.

Sementara itu, fitur "SosMed D-Cash" memungkinkan pengguna D-Mobile memberikan dana kepada pengguna sosial media Facebook.

Melalui fitur SosMed D-Cash yang pertama kali hadir di Indonesia itu, pengguna D-Mobile dapat memberikan dana kepada pengguna sosial media Facebook.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Consumer Lending and Alternative Channel Djamin Nainggolan menjelaskan, transaksi dilakukan dengan membuka aplikasi D-Mobile lalu pilih menu pembayaran dan SosMed D-Cash, dilanjutkan dengan log-in ke dalam akun Facebook dan langsung memilih teman Facebook yang akan menerima dana.

Setelah itu, pilih nominal dana, selanjutnya pengguna diminta membuat passcode dan memasukkan nomor ponsel penerima dana.

"Notifikasi SosMed D-Cash akan terunggah pada private wall Facebook yang hanya dapat dilihat serta dibaca oleh pemberi dana dan penerima dana. Passcode tersebut akan diberikan pada teman Facebook yang menjadi penerima dana. Passcode ini menjadi salah satu data yang akan digunakan oleh teman Facebook untuk mengambil dana di ATM," katanya.

Untuk mengambil dana, bisa dilakukan di 1.280 ATM Danamon di seluruh Indonesia yang memiliki tanda layanan D-Cash. Penerima dana tak perlu memiliki kartu ATM untuk mengambil uang.

"Keunggulan fitur ini, teman Facebook tidak perlu memiliki rekening Danamon, cukup dengan mengakses fitur collect money pada D-Mobile dengan memasukkan ID Facebook dan sejumlah data yang diminta seperti nomor handphone, passcode, nomor Ref ID dan nominal," kata Djamin.

Djamin meyakinkan, fitur D-Mobile dilengkapi sistem pengamanan ketat dengan beberapa tingkat otentikasi, salah satunya adalah M PIN yang akan menghasilkan token.

"Token akan dikirim langsung, dan sifatnya dinamis, selalu berubah, jadi kalau nanti dicapture orang, maka itu tidak akan bisa dipakai lagi," katanya.

Selain fitur-fitur di atas, "D-Mobile" juga memungkinkan penggunanya mengganti avatar atau foto ikon rekening sesuai keinginan.

Aplikasi "D-Mobile" dapat diunduh melalui App Store, Google Play atau BlackBerry World.

Aktivasi dapat langsung dilakukan melalui aplikasi "D-Mobile", tanpa perlu datang ke cabang atau ATM bank. Pengguna cukup memasukkan User ID dan Password DOB atau Kartu Debit atau ATM untuk aktivasi.

Lebih lanjut, Michellina mengatakan, peluncuran D-Mobile merupakan salah satu upaya Danamon menyukseskan Gerakan Basional Non-Tunai demi terciptanya "leas cash society".

Hingga saat ini, aplikasi D-Mobile sudah diunduh sekitar 3.000 kali. Target hingga akhir tahun 2014 adalah 150.000 unduhan dengan asumsi akan adanya perbaikan pada setiap tahap dan penambahan fitur baru termasuk memperluas jaringan sosial media yang digunakan, selain Facebook.

D-Mobile melengkapi sarana alternatif transaksi dari Danamon selain lebih dari 1.400 jaringan ATM di seluruh Indonesia, 70 mesin setor tunai, layanan internet banking dan SMS banking.

"Bagai seorang sahabat baik, D-Mobile siap membantu setiap saat," kata Michellina.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014