Tokyo (ANTARA News) - Ken Takakura, aktor yang dikenal sebagai "Clint Eastwood versi Jepang" karena sering berperan sebagai gangster yang tangguh dan berprinsip dalam lebih dari 100 film, telah meninggal dunia pada usia 83.

Ken Takakura mendapatkan ketenaran internasionalnya melalui film garapan sutradara Ridley Scott, "Black Rain".

Takakura, yang bermain bersama bintang-bintang film AS seperti Tom Selleck dan membintangi film yang disutradarai oleh Sydney Pollack dan sutradara asal Tiongkok Zhang Yimou, meninggal pada 10 November akibat penyakit limfoma, kata pihak kantor Takakura, Selasa.

Lahir di Goichi Oda, Oita, di pulau sebelah barat daya Kyushu, Takakura memulai kariernya sebagai bintang film pada 1955 ketika ia mengikuti sebuah audisi di Toei, salah satu studio film terbesar di Jepang. Takakura mengikuti audisi tersebut karena penasaran.

Dia dikenal khalayak internasional melalui perannya dalam film tahun 1975 karya sutaradara Pollack "The Yakuza", ketika ia beradu akting dengan aktor asal AS Robert Mitchum.

Takakura juga dikenal melalui perannya dalam beberapa film lain, seperti film komedi "Mr. Baseball" pada 1992 dan film karya sutradara Zhang "Riding alone for Thousands of Miles" pada 2005.

Namun, film thriller tahun 1989 tentang kehidupan polisi berjudul "Black Rain" lah yang membuat ia terkenal dalam dunia perfilman internasional.

Dalam film tersebut, Takakura berperan sebagai seorang polisi Jepang dan berhadapan dengan Michael Douglas yang memerankan seorang polisi New York, demikian laporan Reuters.

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014