... membakar ban di tengah jalan...
Bogor (ANTARA News) - Arus lalu-lintas di Jalan Pajajaran Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa, lumpuh akibat demonstrasi menolak kenaikan harga BBM oleh sejumlah elemen masyarakat dan mahasiswa.

Dua gelombang massa melakukan unjuk rasa di Tugu Kujang Jalan Padjajaran, yakni Hizbut Tahrir dan mahasiswa dari PMII.

Mahasiswa PMII membakar ban di tengah jalan menyebabkan arus lalu-lintas di Jalan Padjajaran menjadi tersendat. Mereka juga tidur massal di tengah jalan. 

Mahasiswa yang berdemonstrasi ini semula berkumpul di depan kampus Universitas Ibnu Khaldun pagi hari. Lalu mereka bertolak ke Tugu Kujang dan melakukan aksi bersamaan dengan massa HTI yang sudah mengelilingi Tugu Kujang.

Selama hampir dua jam arus lalu lintas di Jalan Pajajaran tersendat yakni dari pukul 13.00 sampai sore. Penyumbatan terjadi dari arah Ekalokasari menuju Istana Bogor, begitu juga arus sebaliknya. 

Kemacetan lalu-lintas kemudian menjalar ke jalan-jalan sekitar lokasi demonstrasi. 

Kemarin malam, Presiden Jokowi langsung yang mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi ini. Bensin premium naik harganya, dari Rp6.500 menjadi Rp8.500 dan solar dari Rp4.500 menjadi Rp6.500. 

Pemerintah berkeyakinan, negara bisa menghemat sekaligus mengalihkan dana subsidi BBM ini ke sektor produktif. Besaran dana yang bisa dihemat ini, kata Jokowi, sekitar Rp120 triliun. 

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014