Pekerjaan kita sudah banyak dan menumpuk. Jadi, lebih baik langsung mulai bekerja...
Jakarta (ANTARA News) - Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatatakan dia akan langsung bekerja setelah dilantik menjadi gubernur pada Rabu (19/11).

"Tidak usah pakai pesta-pesta lah. Buat apa dirayakan? Pekerjaan kita sudah banyak dan menumpuk. Jadi, lebih baik langsung mulai bekerja," katanya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Ia juga mengaku tidak melakukan persiapan khusus menjelang pelantikannya.

"Tidak ada persiapan khusus, biasa-biasa. Paling hanya membersihkan sepatu. Tidak perlu beli baru, pakai yang lama saja lalu disemir," katanya. 

Basuki mengatakan pelantikannya menjadi Gubernur DKI Jakarta akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (19/11) sekitar pukul 14.00 WIB.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pelantikannya menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Keppres untuk pelantikan itu sudah keluar. Tadi saya diberi tahu oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Saefullah dan Sekretaris Dewan Mangara Pardede. Jadi, besok dilantik," ungkap Ahok.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, gubernur dilantik oleh presiden.

Menurut ketentuan dalam pasal 163 Perppu tersebut, gubernur dilantik oleh presiden di ibu kota negara. Apabila presiden berhalangan, maka pelantikan gubernur dilakukan oleh wakil presiden. Dan jika wakil presiden juga berhalangan, maka menteri dalam negeri yang akan melaksanakan pelantikan tersebut.

Jika Presiden tidak berhalangan, Basuki akan menjadi gubernur pertama yang dilantik oleh Presiden Jokowi.

Pewarta: Rr. Cornea Khairani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014