Sekarang masih dirapatkan oleh panitianya tetapi sudah ada isu kalau akan dilakukan besok di Istana Negara,"
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto mengatakan pelantikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan dilakukan ) di Istana Negara, pada Rabu (19/11).

"Sekarang masih dirapatkan oleh panitianya tetapi sudah ada isu kalau akan dilakukan besok di Istana Negara," katanya saat ditemui di ruangannya, Selasa.

Menurut Rikwanto, pola pengamanannya tidak jauh berbeda dengan pola yang diterapkan jika rencana dilantik di DPRD.

Di lokasi pengamanan, nantinya menurut Rikwanto, pihak Polri akan siapkan 3.800 personel dan dipindakan ke Istana.

"Ada empat ring yang kami siagakan, yakni ring satu untuk Paspampres, sedangkan dua, tiga dan empat akan disiagakan dari Polisi," ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini pihak Polda sedang lakukan pengamatan terkait lokasi-lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat pengamanan.

Rikwanto juga menyatakan, pengamanan juga bukan hanya dilakukan di sekitaran Istana Negera saja, tetapi juga disiagakan hampir di seluruh wilayah Jakarta.

"Kami tidak berkonsentrasi di wilayah Istana saja, tetapi di seluruh Jakarta," katanya.

Sebelumya, Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Unggung Cahyono juga telah menyampaikan, demi pengamanan pelantikan Gubernur DKI, pihaknya akan menyediakan 10.184 personel gabungan.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014