Fujitsu sedang mengembangkan inovasi bisnis sosial...kami punya tantangan untuk membuat tipe bisnis baru, seperti di Indonesia kami menyediakan layanan disaster management system untuk Jakarta, sebagai contohnya."
Munich (ANTARA News) - Perusahaan teknologi informasi Jepang, Fujitsu Ltd, menegaskan bahwa Asia khususnya Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi FUjitsu untuk mengembangkan layanan-layanan enterprise (perusahaan) di pasar yang sedang berkembang.

Dalam wawancara khusus dengan ANTARA News, Vice President Portfolio Strategy, Global Marketing Fujitsu Yoshi Takashige mengatakan, untuk pasar Indonesia dan Asia, Fujitsu akan menawarkan solusi-solusi teknologi bagi pelanggan-pelanggan enterprise dan pemerintah, contohnya sistem penanganan bencana (disaster manajement system).

"Fujitsu sedang mengembangkan inovasi bisnis sosial, kami memberikan layanan infrastruktur bagi pelanggan-pelanggan perusahaan, dan kami punya tantangan untuk membuat tipe bisnis baru, seperti di Indonesia kami menyediakan layanan disaster management system untuk Jakarta, sebagai contohnya," kata Takashige menjelang Fujitsu Forum 2014 di Munich, Jerman, Selasa pagi.

Dalam bidang kesehatan, Fujitsu sedang mempromosikan electronic medical record system yang sudah memimpin pasar di Jepang, dan Fujitsu ingin mengembangkannya ke pasar-pasar lain di Asia, termasuk Indonesia.

Fujitsu juga menyediakan transport cloud, layanan berbasis cloud untuk sistem manajemen transportasi, seperti yang sudah diterapkan di Jepang, dimana semua taxi di sana sudah terkoneksi dengan cloud (komputasi awan).

"Kami akan mengembangkan layanan itu di negara-negara Asia lainnya, termasuk Indonesia, pasar yang sangat penting (bagi Fujitsu)," katanya.

Ditanya mengenai inovasi teknologi dan produk baru yang akan dipamerkan Fujitsu di Fujitsu Forum 2014 Munich, Takashige menolak menjelaskan dan hal itu akan dijelaskan dalam sesi lain oleh Fujitsu di acara Fujitsu Forum 2014 Munich.

Tapi, Takashige mengatakan bahwa Fujitsu sangat serius mengembangkan infrastruktur dan layanan-layanan enterprise yang dibutuhkan pasar di seluruh dunia.

Mengenai pasar teknologi informasi di Asia, termasuk Indonesia, pada tahun depan, Takashige mengatakan bahwa Asia merupakan pasar yang sedang tumbuh dalam berbagai sektor.

"Dan di Indonesia, dengan pelanggan di Indonesia, bagaimana bisnis mereka sekarang, bagaimana transportasi publik sekarang, bagimana layanan publik sekarang,....kami bisa menyediakan teknologi kami, beberapa platform teknologi, bersama kami bisa menggunakan platform bisnis untuk pelanggan perusahaan, pemerintah, partner, untuk tumbuh bersama, untuk Human Centric Innovation," katanya.

Dengan pelanggan di Indonesia Fujitsu bisa membuat bersama beberapa solusi teknologi yang dibutuhkan. Fujitsu punya pendekatan yang unik untuk pasar Indonesia, katanya.

Pewarta: Suryanto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014