Jakarta (ANTARA News) - Ibu Mufidah Jusuf Kalla dijadwalkan akan membuka Pameran Mutumanikam Nusantara Indonesia ke-IX Tahun 2014 yang akan menampilkan berbagai perhiasan tradisional Indonesia.

"Tema kali ini adalah Indahnya Desain Perhiasan Tradisional Indonesia," kata Ketua Pengurus Mutumanikam Nusantara Indonesia, Herawati Hasan Wirajuda di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan, selain koleksi batu alam yang beragam, Indonesia juga memiliki jumlah perajin perhiasan batu yang cukup banyak sekitar 6.000 orang.

"Acara ini juga bertujuan untuk melestarikan warisan desain perhiasan tradisional Indonesia yang sangat indah dan potensial," katanya.

Acara tersebut akan berlangsung pada tanggal 20 hingga 23 November 2014 di Balai Kartini Jakarta.

Melalui program Mutumanikam Nusantara diharapkan industri mutu manikam bisa bangkit kembali.

Dia juga menambahkan, pasar perhiasan batu alam Indonesia sangat potensial.

"Terutama pasar lokal mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia masih menjadikan perhiasan sebagai barang investasi," katanya.

Tahun lalu, tambah dia, sebuah perhiasan mutiara dijual dengan harga yang sangat fantastis mencapai Rp250 juta.

"Untuk pameran tahun ini hal serupa diharapkan bisa muncul kembali utamanya untuk perhiasan kuno yang sangat unik dan langka," kataya.

"Kolektor dan pecinta perhiasan batu dari segala penjuru tanah air dan beberapa penggemar perhiasan batu dari negara asing akan datang ke pameran ini," katanya.

Pada acara tersebut, kata dia, juga akan diramaikan dengan seminar dan lain sebagainya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014