Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengakui bahwa beberapa kemajuan telah dicapai dalam memerangi wabah Ebola di Afrika Barat namun masih banyak hal yang perlu dilakukan.

"Kami masih belum melangkah ke mana-mana di Afrika Barat," kata Obama kepada wartawan setelah bertemu dengan para penasehat utamanya termasuk koordinator tanggap Ebola Ron Klain.

Obama mendesak Kongres menyepakati anggaran 6,2 miliar dolar AS yang dia mintakan untuk memerangi virus yang telah menelan ribuan orang mati itu, sebelum masa reses pertengahan Desember.

"Kita mesti merasa optimistis pada kapasitas kita dalam mengatasi krisis Ebola, tetapi kita tidak boleh cepat puas hanya karena perhatian media pada soal ini berkurang."

"Kita harus mempercayai itu. Oleh karena itulah saya menyeru Kongres untuk memastikan permohonan anggaran ini disetujui," kata dia.

Wabah Ebola kali ini adalah yang paling buruk dalam sejarahnya.  Wabah ini telah membunuh paling sedikit 5.177 orang yang sebagian besar di Sierra Leone, Liberia dan Guinea, kata WHO seperti dikutip Reuters.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014