Kiev (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Jerman menyerukan Ukraina dan Rusia untuk memenuhi ketentuan rencana perdamaian yang gagal, meskipun mengakui bahwa kesepakatan itu tidak "sempurna".

"Perjanjian yang tidak sempurna tetapi mereka membentuk dasar. Kita harus memenuhi perjanjian," kata Frank-Walter Steinmeier pada pertemuan dengan Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk di Kiev, Selasa.

"Kami berharap bahwa ketegangan akan mereda dan Ukraina akan mendapatkan kembali integritas teritorial dan kedaulatannya " kata diplomat tertinggi Berlin itu.

Steinmeier akan terbang ke Moskow untuk pertemuan penting dengan timpalannya dari Rusia Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov, saat bentrokan mematikan terus meningkat di Ukraina timur, meskipun gencatan senjata nominal antara Kiev dan pemberontak didukung Kremlin.

Sementara, Yatsenyuk menekankan bahwa perjanjian damai September "sedang diamati oleh Ukraina dan terang-terangan dilanggar oleh pihak Rusia."

"Pemulihan kendali atas perbatasan Ukraina-Rusia, berhentinya pengiriman senjata dari Federasi Rusia ke wilayah Ukraina, dan penarikan tentara Rusia serta teroris Rusia dari wilayah Ukraina tidak dilakukan," katanya, seperti dilaporkan AFP.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014