Tokyo (ANTARA News) - Bursa saham Tokyo dibuka 0,23 persen lebih tinggi Rabu, didukung oleh penurunan yen lebih lanjut terhadap dolar dan rekor penutupan di Wall Street.

AFP melaporkan indeks Nikkei 225, yang berubah menguat lebih dari dua persen pada Selasa, naik 40,25 poin menjadi 17.384,31 di awal perdagangan.

Tokyo Stock Exchange dibuka lebih tinggi setelah dolar naik menjadi 117,14 yen pada Rabu pagi dari 116,83 yen di New York Selasa sore dan 116,57 yen di Tokyo Selasa pagi.

Pelemahan yen positif bagi eksportir Jepang karena membuat mereka lebih kompetitif di luar negeri dan meningkatkan keuntungan ketika dipulangkan.

Pasar tetap kuat setelah Perdana Menteri Shinzo Abe, Selasa, menyerukan pemilihan awal untuk mencari mandat guna menunda kenaikan pajak penjualan tahun depan dan kebijakan ekonominya.

"Langkah Abe sesuai dengan harapan pasar, yang telah dibangun selama beberapa hari," kata Eiji Kinouchi, kepala Strategist Teknis di Daiwa Securities.

Banyak analis mengharapkan pemilu diselenggarakan sekitar 14 Desember.

Sementara itu saham di Takata naik 0,50 persen menjadi 1.193 yen pada beberapa menit pertama perdagangan meskipun regulator keselamatan AS mendorong untuk penarikan secara nasional mobil dengan cacat kantong udara Takata.

Sebelumnya David Friedman, anggota Administrator National Highway Traffic Safety, mengatakan recall terbatas untuk beberapa negara bagian AS selatan perlu diperluas.

Sementara, di Wall Street, Selasa, Dow Jones Industrial Average naik 0,23 persen dan S&P 500 naik 0,51 persen ditutup pada rekor baru menyusul data ekonomi dari Jerman dan Amerika Serikat.

(Uu.S004)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014