Jakarta (ANTARA News) - Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan berdasaran keputusan presiden maka mantan Wakil Ketua KPK Amien Sunaryadi menjadi Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas).

"Jumat (21/11) akan dilakukan serah terima jabatan untuk Kepala SKK Migas," kata Sudirman Said dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

Menteri ESDM mengutarakan berbagai pihak mendoakan agar Amien Sunaryadi dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

Menurut Sudirman, SKK Migas memang perlu diurus oleh seorang "pejuang" dan hal itu dinilai terdapat dalam diri sosok Amien.

"Amien Sunaryadi memiliki kategori sebagai seorang pejuang. Jasa beliau sebagai Wakil Ketua KPK jilid pertama (2003-2007) adalah mendesain sistem kerja KPK," katanya.

Lebih dari itu, ujar dia, Amien juga dinilai dapat mengemban tugas penting di lingkungan ESDM yaitu membangun kembali kepercayaan masyarakat dan mempercepat proses tersebut.

Sebelumnya, Menteri ESDM Sudirman Said telah mengajukan lima nama calon Kepala SKK Migas kepada Komite Pengawas SKK Migas untuk segera diseleksi, sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, berdasarkan data SKK Migas, saat ini dinyatakan bahwa produksi terjual (lifting) gas hingga 31 Oktober 2014 mencapai target yang ditetapkan APBN Perubahan.

Pelaksana Tugas Kepala SKK Migas J Widjonarko dalam rilis di Jakarta, Minggu (16/11) mengatakan, sampai akhir Oktober 2014, "lifting" gas bumi menyentuh 7,085 miliar British thermal unit per hari (BBTUD) atau 99,8 persen dari target 7,099 BBTUD yang ditetapkan APBN Perubahan.

"Kami berharap lifting gas ini bisa terjaga sampai akhir tahun," katanya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014