Angga (Pratama)/Rian (Agung Saputro) prestasinya masih turun-naik. Makanya kami cari apakah ada kemungkinan kombinasi baru atau yang lama dipertahankan,"
Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) melakukan bongkar pasangan ganda putra di kejuaraan Hong Kong Open Super Series 2014 yang berlangsung Selasa (18/11) hingga Minggu (23/11) dengan tujuan mencari pasangan unggulan kedua setelah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

"Angga (Pratama)/Rian (Agung Saputro) prestasinya masih turun-naik. Makanya kami cari apakah ada kemungkinan kombinasi baru atau yang lama dipertahankan," kata Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI Herry Iman Pierngadi di Kowloon Hong Kong, Rabu, seperti dikutip Tim Humas dan Media Sosial PBSI.

Herry mengatakan PBSI akan memantau perkembangan bongkar pasang ganda putra itu di Hong Kong Super Series 2014 dan Macau Open Grand Prix Gold 2014.

Namun, kedua pasangan yang tengah diuji coba itu dipaksa mundur dalam pertandingan babak pertama yang berlangsung Rabu, di Kowloon.

Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi takluk oleh unggulan pertama Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong dalam pertandingan selama 50 menit dengan skor 20-22 dan 23-25.

Sedangkan Berry Angriawan/Ryan Agung Saputra dipaksa menyerah oleh pasangan Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata dalam pertandingan selama 33 menit dengan skor 19-21 dan 12-21.

Herry mengatakan kekalahan Angga/Ricky karena mereka pasangan baru sehingga kurang matang dalam pertandingan.

"Ada saat-saat salah pengertian. Tapi, secara keseluruhan cukup baik karena mereka sempat menyulitkan Lee/Yoo yang selalu konsisten pada setiap pertandingan. Bagi saya hasil ini cukup mengejutkan dan Angga/Ricky tampil maksimal," kata Herry.

Sementara itu pasangan Rian/Berry, menurut Herry, masih sering melakukan kesalahan sendiri dan belum bisa menyesuaikan diri dalam pertandingan pertama mereka.

"Rotasi permainan mereka belum seperti yang diharapkan. Ada beberapa kesalahan posisi," kata Berry.

Meskipun Angga/Ricky dan Rian/Berry gagal lolos ke babak kedua, dua wakil Indonesia lain Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Markus Gideon Fernaldi/Markis Kido mampu melanjutkan ke babak kedua.

Hendra/Ahsan telah menyingkirkan ganda putra India B. Sumeeth Reddy/Manu Attri dengan skor 21-15 dan 21-17. Sedangkan Markus/Kido berhasil menaklukkan ganda putra Hong Kong Lee Chun Hei Reginald/Tang Chun Man dengan skor 21-19 dan 22-20.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014