Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, mengadakan sidak di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, untuk mengetahui perkembangan harga bahan pokok pangan pasca penaikan BBM.

"Kunjungan ini untuk mengetahui kenaikan harga dan melihat beberapa fasilitas yang ada di Pasar Induk Kramat Jati," kata Rachmat Gobel di Jakarta, Kamis.

Rachmat tiba di Pasar Induk sekitar pukul 22.10 WIB, dengan disambut oleh beberapa pengurus pasar dan menuju ruang pertemuan terlebih dahulu.

Pembicaraan pertama dibuka dengan membahas beberapa sayuran yang mengalami pelonjakan harga pasca penaikan BBM.

Direktur Usaha dan Pengembangan Pasar, Ivo Edwin Aryanto menjawab salah satu sayur yang mengalami pelonjakan adalah cabai.

Ia menjelaskan kenaikan harga cabai yang mencapai Rp70 ribu per kilogram disebabkan oleh distributor yang mengalami penurunan pasokan.

Di tengah pembahasan tiba-tiba datang Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Ngurah Puspayoga, hadir dalam sidak kali ini.

Bersama Puspayoga, Rachmat dan Ivo berkeliling pasar sekitar satu jam lamanya.

Beberapa pedagang meminta para pejabat untuk membantu menstabilkan harga.

Rachmat dan Puspayoga nampak menanyakan nilai nominal harga sayuran yang ada di Pasar Induk dan bagaimana distribusinya.

Sidak berakhir sekitar pukul 23.50 WIB, dalam akhir perbincangan Rachmat mengajak Puspayoga untuk saling bekerjasama antar kementerian terkait dalam menata kestabilan harga dan pasokan bahan pangan.

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014