Pihak luar saja membantu. Makanya kita harus lebih semangat dalam mempersiapkan Asian Games 2018. Tidak hanya untuk infrastruktur tapi juga untuk pembinaan atlet,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Inggris siap membantu Indonesia dalam menyiapkan diri menjadi tuan rumah Asian Games 2018 karena sebelumnya negara itu sukses menyelenggarakan kejuaraan olahraga terbesar di dunia yaitu Olimpiade 2012.

"Selamat atas terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Waktunya sedikit sempit. Makanya kami siap membantu merencanakan persiapannya," kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik usai bertemu Ketua KOI Rita Subowo di Kantor KOI Senayan, Jakarta, Rabu.

Demi memberikan gambaran kesuksesan pelaksanaan Olimpiade 2012, Duta Besar Inggris membawa sembilan perusahaan besar yang turut serta menjadi pihak dibalik kesuksesan pelaksanaan kejuaraan empat tahunan itu.

Bahkan, saat pertemuan dengan KOI, Dubes Inggris memandu presentasi yang dilakukan oleh sembilan perusahaan besar mulai dari jasa konstruksi, telekomunikasi, legalitas, broadcast hingga pelayanan jasa.

"Saat ini adalah pembicaraan awal. Ada peluang pembicaraan-pembicaraan lain untuk kedepannya," kata Duta Besar yang belum dua bulan berada di Jakarta itu.

Saat ditanya kenapa berminat memberikan dukungan kepada Indonesia, Moazzam Malik menjelaskan jika posisi Indonesia sangat penting. Untuk itu, upaya mempererat hubungan akan terus dilakukan termasuk melalui olahraga.

"Indonesia penting untuk masa depan Asia. Makanya pemerintah meminta para menteri untuk mempererat hubungan dengan negara di Asia termasuk Indonesia," kata dengan bahasa Indonesia yang fasih.

Sementara itu, Ketua KOI Rita Subowo mengaku sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Inggris melalui Duta Besarnya untuk Indonesia karena negeri Ratu Elizabeth ini telah sukses menggelar kejuaraan besar, Olimpiade 2012

"Kami ucapkan terima kasih pada perusahaan-perusahaan asal Inggris yang mau datang ke Indonesia untuk memberikan gambaran sebagai salah pihak dibalik suksesnya Olimpiade London," katanya usai bertemu Duta Besar Inggris.

Menurut dia, datangnya sembilan perusahaan besar ini menunjukkan sebuah keseriusan untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta, Palembang Sumatra Selatan dan Jawa Barat

"Pihak luar saja membantu. Makanya kita harus lebih semangat dalam mempersiapkan Asian Games 2018. Tidak hanya untuk infrastruktur tapi juga untuk pembinaan atlet," katanya menambahkan.

Rita Subowo menjelaskan, selain Inggris sebetulnya ada beberapa negara yang menawarkan bantuannya seperti Tiongkok, Australia maupun Jepang. Hanya saja, untuk merealisasikan bantuan ini semuanya masih tergantung dengan turunnya Keppres Asian Games 2018.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014