Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memberikan Anugerah Kihajar kepada enam gubernur dan 12 walikota/bupati, pada acara Malam Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) 2014, di kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (20/11).

Penghargaan diberikan kepada para kepala daerah yang telah meningkatkan pendayagunaan teknologi informasi komunikasi (TIK) di dunia pendidikan.

"Tahun ini merupakan tahun ketiga Kemendikbud memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota atas segala upayanya dalam membuat kebijakan dan mengimplementasi TIK," tutur Kepala Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud kepada media di kantor Kemendikbud sebelum acara malam anugerah berlangsung. 

Selain kepada pemerintah daerah, Anugerah Kihajar juga diberikan kepada para pemenang kuis Kihajar, Festival Video Pendidikan, dan Lomba Mobile Edukasi. Pelaksanaan pemberian anugerah didahului proses penilaian yang dilakukan sejak bulan Oktober s.d. November 2014.

Penilaian dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari kalangan universitas, pakar, dan praktisi TIK, serta kalangan internal Pustekkom.

Pemberian Anugerah Kihajar yang telah diselenggarakan sejak tahun 2005 ini diharapkan dapat menjadi tolok ukur perkembangan TIK untuk pendidikan di Indonesia.

Selain itu juga diharapkan dapat menjadi wadah tahunan bagi para pemangku kepentingan dalam memublikasikan karya, dan ide yang dapat memberikan inspirasi, serta informasi. (Kemdikbud/PIH/Seno Hartono)

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2014