Rumah Sakit Universitas Jenewa tempat ia akan dibawa, sudah siap menerimanya sesuai dengan prosedur yang telah lama dibuat
Jenewa (ANTARA News) - Seorang dokter asal Kuba yang terkena Ebola di Sierra Leone akan diterbangkan ke Swiss untuk menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Jenewa., kata pihak berwenang bidang kesehatan Swiss.

Dokter, yang diidentifikasi oleh para pejabat Kuba sebagai Felix Baez itu, merupakan salah satu dari 165 dokter dan perawat dari Kuba yang sedang berada di Sierra Leone untuk menangani para pasien Ebola.

Baez merupakan salah satu dari kelompok itu, yang ditugaskan sejak Oktober, yang diketahui terkena virus yang telah menewaskan lebih dari 5.400 orang tersebut.

Baez dipindahkan dari negara di Afrika Barat itu dengan menggunakan pesawat Amerika atas bantuan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), kata Kantor Federal Kesehatan Masyarakat Swiss dalam sebuah pernyataan.

WHO mengatakan pihaknya tidak punya komentar menyangkut kasus tersebut.

"Rumah Sakit Universitas Jenewa tempat ia akan dibawa, sudah siap menerimanya sesuai dengan prosedur yang telah lama dibuat, yang akan memastikan keamanan seluruh staf dan pasien," kata pernyataan Swiss itu, seperti dilaporkan Reuters.

Seorang dokter Jenewa, yang memiliki keahlian khusus dalam hal penyakit menular, mengatur perawatan di sebuah ruangan khusus yang terpisah dari ruangan-ruangan lain maupun klinik berobat jalan di rumah sakit yang berada di pusat kota itu, katanya. "Tidak ada risiko terhadap penduduk Swiss."

Staf rumah sakit sudah dilatih dan berlatih melaksanakan prosedur menggunakan dan melepaskan perlengkapan pelindung, kata pernyataan pihak Swiss.

Dua rumah sakit di Swiss sedang melakukan uji coba vaksin untuk menangkal virus tersebut.

Vaksin NewLink, yang dikembangkan oleh Kanada, sedang diuji coba di Jenewa, sementara vaksin GlaxoSmithKline sedang diuji di Lausanne.

Baez merupakan dokter spesialis penyakit dalam yang bekerja di rumah sakit militer Havana. Rumah sakit itu juga memiliki bagian penjara tempat sejumlah narapidana terkenal ditahan.

Baez pernah merawat mendiang pembangkang Kuba, Oscar Espinosa Chepe, ketika ia dipenjara di Rumah Sakit Militer Carlos J. Finlay, demikian menurut situs resmi LaJiribilla.

(Uu.T008)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014