Jerusalem (ANTARA News) - Dinas Keamanan domestik Israel Shin Bet, Kamis, mengatakan bahwa pasukan keamanan telah menangkap kelompok Hamas di Tepi Barat yang berencana untuk membunuh Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman.

Menurut pernyataan Shin Bet, tiga tersangka Ibrahim el-Zir, Ziad el-Zir dan Adnas Tzabih, dari desa Tepi Barat Harmala, dekat Nokdim, ditangkap dalam operasi oleh dinas, tentara dan polisi.

Namun, tidak disebutkan kapan penangkapan itu dilakukan.

Tiga tersangka yang saat ini dalam tahanan itu "mengumpulkan data intelijen konvoi menteri," dalam perjalanan ke dan dari rumahnya di perumahan Tepi Barat, Nokdim.

Mereka juga berusaha untuk mendapatkan sebuah peluncur RPG yang dapat digunakan untuk menargetkan kendaraan menteri, demikian seperti dikutip dari AFP.

Dalam pernyataannya, Shin Bet mengatakan selama perang Juli-Agustus Israel di Gaza, Ibrahim el-Zir "mulai merumuskan rencana untuk melakukan serangan terhadap iring-iringan Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman, dengan maksud bahwa serangan itu akan mengirim pesan kepada Israel dan menghentikan perang di Gaza."

Dalam beberapa hari ini, tersangka didakwa di pengadilan militer Tepi Barat, salah satunya dengan tuduhan konspirasi untuk melakukan pembunuhan.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014