Saya juga sudah minta kepada Dinas PU agar bekerja cepat, sehingga banjir dapat diantisipasi dengan baik...
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar senantiasa siap sedia mengantisipasi bencana banjir yang mulai menggenangi sejumlah wilayah di Ibu Kota.

"Terutama kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI, saya sudah minta agar segera melakukan analisa dan pendataan terhadap Rukun Warga (RW) yang berpotensi kebanjiran," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut dia, melalui analisa dan pendataan tersebut, maka selanjutnya langkah-langkah antisipasi di lapangan akan semakin cepat dilakukan dan banjir teratasi dengan baik.

"Kalau kita sudah mengetahui daerah-daerah mana saja yang rawan banjir, maka kita bisa semakin cepat melakukan antisipasi atau pun menyalurkan bantuan," ujar Basuki.

Dia menuturkan berdasarkan hasil tinjauannya ke sejumlah rumah pompa beberapa waktu lalu, pompa-pompa air berada dalam kondisi tidak dapat beroperasi karena tidak ada bahan bakarnya.

"Berdasarkan pengamatan saya waktu itu, sebagian pompa ada yang rusak total dan harus diperbaiki, lalu sebagian lagi tidak berfungsi karena kehabisan bahan bakar," tutur Basuki.

Oleh karena itu, dia mengaku telah menginstruksikan Dinas PU DKI Jakarta agar secepatnya memperbaiki kondisi pompa-pompa air tersebut, sehingga siap menghadapi banjir.

"Saya juga sudah minta kepada Dinas PU agar bekerja cepat, sehingga banjir dapat diantisipasi dengan baik dan tidak sampai menyebar luas ke lebih banyak wilayah," ungkap Basuki.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014