Sekarang sudah sedang dilakukan sosialisasi, nanti awal Desember sampai Januari akan dilakukan uji coba,"
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto mengatakan sosialisasi pembatasan kendaraan bermotor roda dua untuk tidak melewati Jalan Thamrin dan sampai Jalan Merdeka Barat saat ini sedang dilakukan.

"Sekarang sudah sedang dilakukan sosialisasi, nanti awal Desember sampai Januari akan dilakukan uji coba," katanya saat ditemui usai melakukan shalat jumat di mesjid Polda Metro Jaya Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan nanti motor akan diminta untuk tidak melintas mulaidari bundaran Hotel Indonesia (HI), Sudirman sampai jln Merdeka Barat.

Menurut Rikwanto, untuk sosialisasi, beberapa petugas kepolisian akan ditempatkan di Bundaran HI sampai jln merdeka barat, untuk mengatur motor-motor untuk tidak memasuki kawasan yang dilarang melintas bagi kendaraan roda dua.

"Nanti petugas akan mengarahkan pengguna motor untuk tidak memasuki kawasan tersebut dan mengarahkan mereka untuk tempat parkir," ujarnya.

Tempat parkirnya, menurut Rikwanto telah disiapkan di tiga tempat. Yakni, parkiran Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI), Duta Merlin dan di parkiran Sarinah.

Pelarangan penggunaan kendaraan roda dua di IRTI tersebut menurut Rikwanto, bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan yang terjadi jalan tersebut dan menggurangi kendaraan yang melintas di kawasan bundaran HI sampai jln. Merdeka Barat.

Untuk kompensasi, menurut Rikwanto, Pemerintah Daerah DKI Jakarta akan menyiapkan bus gratis bagi para kendaraan roda dua yang tidak memarkirkan kendaraan di parkiran.

"Lima bus gratis akan disiapkan sepanjang jalan tersebut dan durasi keberangkatannya mulai dari 5-15 menit," ujarnya.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014