... Australia dan Hong Kong, ternyata tidak bisa hadir karena fokus mengikuti kejuaraan yang lain termasuk di Palembang...
Makassar (ANTARA News) - Kejuaraan perahu naga bertajuk Losari Internasional Dragon Boat 2014, di Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, 22-23 November, hanya diikuti tiga negara termasuk tuan rumah Indonesia.

Ketua panitia kejuaraan, Arwan Tjahyadi, di Makassar, Jumat, mengakui jumlah negara yang terlibat pada pelaksanaan yang ketiga kali ini memang menurun dibandingkan sebelumnya yang dihadiri delapan hingga 10 negara peserta.

"Dua negara yang tetap hadir pada pelaksanaan tahun ini yakni Malaysia dan Singapura. Nnegara lain yang juga kami undang, yaitu Australia dan Hong Kong, ternyata tidak bisa hadir karena fokus mengikuti kejuaraan yang lain termasuk di Palembang," katanya.

Pada pelaksanaan kejuaraan perahu naga internasional 2013, dihadiri delapan negara yakni Inggris, Iran, India, Filipina, Australia, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Sementara pada pelaksanaan yang pertama justru lebih banyak dengan diikuti 10 negara yakni Tiongkok, Hong Kong, Australia, Malaysia, Singapura, Pilipina, Selandia Baru, Taiwan serta Indonesia.

Sementara untuk kategori nasional tetap akan diikuti sejumlah daerah yakni Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah. Jumlah secara keseluruhannya mencapai 28 tim termasuk dari luar negeri.

Untuk kejuaraan ini, kata dia, akan mempertandingkan beberapa nomor seperti 10 pedayung dan 20 pedayung, masing-masing dengan jarak lintasan 500 meter. Setiap nomor pertandingan meliputi tiga kelompok yakni putra, putri dan campuran.

"Kejuaraan memperingati hari ulang tahun Kota Makassar yang ke-407 ini akan kita mulai besok. Kami sekaligus mengajak masyarakat untuk hadir dan ikut memeriahkan kejuaraan ini," ujarnya.

Pelatih dayung Sulawesi Selatan, Baso Akbar, mengatakan, sejumlah atlet siap ikut serta pada lomba perahu naga. Para atlet daerah akan memperkuat dua tim dayung dari Pangkalan Utama TNI AL VI/Makassar. Keterlibatan atlet Sulsel sebagai ajang pemanasan sebelum kejurnas, Desember 2014.

Tim dayung Sulsel memang tengah mempersiapkan diri mengikuti kejurnas di Danau Tanjung Bunga, Makassar, 1-10 Desember 2014. Kontingen Sulsel berencana menurunkan atletnya terbaiknya pada semua kategori yakni dragon boat, canoeing, dan rowing. Hingga kini, terdapat sedikitnya 20-an atlet yang terus dipersiapkan.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014