Abu Dhabi (ANTARA News) - Pemuncak Klasemen Formula 1, Lewis Hamilton memberikan hantaman psikologis dengan mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan pertama Jumat untuk balap di Abu Dhabi yang akan menjadi penentu juara musim ini.

Pebalap Inggris itu, yang mengejar gelar keduanya, lebih cepat 0,133 detik daripada rekan setimnya di Mercedes sekaligus rivalnya Nico Rosberg dengan catatan waktu 1:43,476 pada sore hari yang kembali memperlihatkan dominasi timnya pada musim ini.

Pebalap Spanyol Fernando Alonso, yang mempersiapkan balap terakhirnya bersama Ferrari, mencatatkan waktu tercepat urutan ketiga namun tertinggal 1,7 detik dari Hamilton.

Balap Minggu akan merefleksikan persaingan perebutan gelar, di mana dua pebalap Mercedes berduel untuk menduduki posisi teratas sedangkan pebalap-pebalap lainnya tidak memiliki peluang sama sekali.

Hamilton unggul 17 angka atas rekan setimnya yang berasal dari Jerman itu, namun pebalap Inggris ini tidak mau lengah, di mana sistem angka ganda yang ditawarkan untuk pertama kalinya dalam sejarah olahraga ini dan kegagalan mesin menjadi kecemasan terbesarnya.

Bagaimanapun, juara 2008 itu hanya perlu finis di posisi kedua untuk meraih gelar juara dunia, bahkan meski Rosberg memenangi balap.

Dengan situasi Mercedes berada di jalur untuk mencatatkan 16 kemenangan dalam semusim, dengan 11 kali kedua pebalapnya finis di posisi satu-dua, maka bagi para peserta lain balap ini terlihat menjadi mimpi buruk untuk menutup musim.

Juara dunia empat kali dari Red Bull Sebastian Vettel, pemenang tahun lalu, berada di urutan tercepat peringkat keempat saat ia bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal kepada timnya sebelum mengisi tempat Alonso di Ferrari.

Pebalap Inggris Jenson Button, yang kemungkinan akan membalap untuk terakhir kalinya di Formula 1, hanya menduduki urutan ke-17 untuk McLaren setelah masalah-masalah mobil membuatnya hanya menyelesaikan empat putaran.

"Menyenangkan untuk melihat @MercedesAMGF1 memiliki banyak kompetisi di sini di Abu Dhabi," ucapnya dengan sarkas melalui Twitter ketika ia menyaksikan proses latihan di layar televisi. "Selisih 1,7 detik!"

Untuk kubu Williams, mobil kedua pebalapnya Felipe Massa dan Valtteri Bottas mengalami masalah akibat insiden-insiden yang membatasi laju mereka, sedangkan tim mereka diperiksa.

Sesi pertama juga menampilkan nama-nama yang kurang familiar mampu beraksi, di mana pebalap Inggris Will Stevens menjadi yang paling lambat ketika ia bersiap untuk melakukan balap debut bersama Caterham.

Tim itu absen pada dua balap terakhir dan kembali membalap dengan harapan dapat menemukan pembeli sehingga mereka dapat terus berkiprah.

Pebalap Hong Kong Adderley Fong melakukan debutnya pada balap akhir pekan untuk Sauber, menyelesaikan 25 putaran dan mengakhirinya pada satu posisi sebelum urutan terakhir. Pebalap Prancis Esteban Ocon mengisi posisi Romain Grosjean di Lotus untuk sesi latihan pertama dan berada di urutan tercepat ke-16, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014