Hanoi (ANTARA News) - Pelatih timnas Filipina Thomas Dooley mengatakan, ia dan para pemainnya tidak akan terlena dengan posisi di peringkat FIFA saat ini sebagai tim teratas di antara negara-negara Asia Tenggara untuk menghadapi kejuaraan Piala AFF.

"Peringkat FIFA bukan jaminan untuk menang atas tim di peringkat bawah pada turnamen yang berat seperti Piala AFF ini," kata Dooley di Hanoi, Jumat.

"Berbagai kemungkinan bisa terjadi di Piala AFF ini, karena kekuatannya merata," katanya usai pertemuan teknik Piala AFF di Hotel Crown Plaza, Hanoi, Vietnam.

Timnas Filipina dalam daftar peringkat terbaru yang dikeluarkan badan sepak bola dunia (FIFA) terus melesat hingga menduduki urutan ke-129.

Berarti Filipina yang sebelumnya merupakan tim "papan bawah" di Asia Tenggara, kini justru sebagai tim teratas di antara negara-negara kawasan ini.

Dengan dukungan sejumlah pemain naturalisasi, Filipina kini menjadi tim yang patut diperhitungkan di Piala AFF 2014.

Pada dua penyelenggaraan Piala AFF sebelumnya, Filipina berhasil mencapai babak semifinal.

Ketika ditanya mengenai peluang Filipina untuk membuat kejutan di Piala AFF 2014, Dooley mengatakan;"Kami akan berusaha, tapi lawan-lawan kami di babak grup ini seperti Indonesia, Vietnam dan Laos juga cukup kuat.

Dooley yang pernah menjadi anggota timnas Amerika Serikat itu juga mengatakan bahwa ia akan tetap berusaha mempertahankan performa timnya yang tengah menanjak tersebut dengan memenangi setiap pertandingan di Piala AFF ini.

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014