Jakarta (ANTARA News) - Honda HR-V dan ACURA ILX tampil perdana di Amerika Serikat pada ajang Los Angeles Auto Show 2014 di Torrance, California, Amerika Serikat, pada tanggal 20 November 2014, demikian siaran pers yang diterima ANTARA News, di Jakarta, Jumat (21/11).

Sebelumnya, Honda HR-V diperkenalkan di Jepang pada ajang Tokyo Motor Show 2013 dengan nama Honda Vezel. Setelah itu Honda HR-V tampil di kawasan Asia Tenggara untuk pertama kalinya di ajang Indonesia International Motor Show 2014, dilanjutkan di benua Eropa pada ajang Paris Motor Show 2014, serta kawasan Amerika Latin di ajang Sao Paolo International Motor Show 2014.

Honda HR-V model crossover yang diposisikan sebagai model entry level untuk segmen SUV di Amerika Serikat. Honda HR-V dikembangkan dari platform Honda Fit (Jazz) dimana Honda HR-V memiliki kenyamanan layaknya sebuah mobil sedan (Coupe), utilitas layaknya sebuah mobil Minivan (MPV) serta ketangguhan layaknya sebuah mobil SUV.

Honda HR-V hadir dengan tampilan desain eksterior yang tangguh (Tough) namun  menggoda (Seductive) dengan menampilkan desain yang mengambil konsep "Dynamic Cross Solid". 

Bagian depan mengadopsi karakter Solid Wing Face khas Honda yang tajam dan sporty. Honda HR-V ditenagai oleh mesin berkapasitas 1.8 liter i-VTEC 4 silinder dengan pilihan transmisi 6 percepatan manual atau CVT. Kedua pilihan transmisi hadir dalam pilihan Two-wheel Drive dan All-wheel Drive.

Begitu pun kabin Honda HR-V yang dibuat fungsional dengan fitur ULTRA Seat yang memungkinkan berbagai konfigurasi tempat duduk dan ruang kargo. Fitur keselamatan yang disematkan pada Honda HR-V di antaranya sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA),Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Dual Front SRS Airbags, Side Curtain Airbags, serta Side Airbags.



Selain itu, terdapat dua fitur baru yaitu Electric Parking Brake dan Auto Break Hold.Honda HR-V menampilkan fitur-fitur unggulan lainnya seperti Cruise Control, Bluetooth Phone Interface and Pandora Radio, serta Rearview Camera.

Sementara itu, brand premium Honda yaitu ACURA meluncurkan model terbarunya ACURA ILX yang diposisikan sebagai entry level untuk segmen sedan premium di Amerika Serikat. ACURA ILX mentargetkan pembeli dengan usia rata-rata 35 tahun. ACURA ILX tampil dengan desain eksterior yang sporty dan juga stylish. Selain itu ACURA ILX juga mengalami perubahan total pada sektor performa serta menghadirkan sejumlah penyempurnaan pada sektor kenyamanan dan fitur keselamatan.

ACURA ILX menggunakan mesin baru bertenaga 2.4 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 201 Horse Power dan torsi sebesar 180 lb-ft. ACURA ILX menggunakan transmisi baru yaitu 8 percepatan DCT (Dual Clutch Transmission). ACURA ILX menampilkan paket A-SPEC untuk fitur dan teknologinya. ACURA ILX menggunakan Signature JewelEye LED Headlight serupa dengan yang digunakan oleh All New Honda Legend yang baru diperkenalkan di Jepang beberapa minggu lalu, Alloy Wheel 18" dengan sentuhan warna hitamglossy, Trunk Spoiler, Side Sill Garnish, dan Fog Lights untuk eksteriornya.

ACURA ILX juga menampilkan pilihan fitur seperti Acura Link Navigation System yang dapat diaktifkan melalui smartphone, serta Acura Watch Safety yang terdiri dari Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist, Rearview Camera, Lane Departure Mitigation, serta Collision Mitigation System.

Los Angeles Auto Show 2014 berlangsung mulai dari tanggal 20 November hingga 30 November 2014 di Los Angeles Convention Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat.


Pewarta: Monalisa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014