...yang seksi, itu yang membuat saya ingin datang, jadi, harus ditentukan mana titiknya yang harus dibangun, kita berikan dananya
Bandung (ANTARA News) - Perlu langkah konkret agar objek wisata Pangandaran di Kabupaten Pangandaran tampak makin seksi untuk mampu mengundang wisatawan lokal dan mancanegara, kata Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar.

"Perlu destinasi yang unik dan unggulan, yang seksi, itu yang membuat saya ingin datang, jadi, harus ditentukan mana titiknya yang harus dibangun, kita berikan dananya," katanya kepada wartawan di Pangandaran, Sabtu.

Ia menuturkan, keindahan potensi wisata di Pangandaran seperti laut dan pantainya diharapkan dapat dipromosikan.

"Potensi wisata alam tidak bisa berdiri sendiri, tetapi bagaimana membangun kesadaran masyarakat terhadap wisata," katanya.

Ia mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jabar telah membentuk sebuah tim untuk mendata potensi wisata unik yang dimiliki daerah-daerah di Jabar, termasuk di Kabupaten Pangandaran.

Selain mendata lokasi yang indah, lanjut dia, yaitu mendorong sumber daya manusianya, pengelolanya serta infrastruktur pariwisata dengan perencanaan yang matang.

"Harus terlebih dahulu dilakukan strategi perencanaan dengan matang dan melibatkan masyarakat, serta fokus pendanaan yang harus dilakukan yang hanya diperuntukkan untuk daerah yang telah masuk dalam perencanaan tersebut," katanya.

Plt Bupati Kabupaten Pangandaran, Enjang Novandi menambahkan, banyak destinasi wisata di Pangandaran mulai dari yang alamiah, buatan, rumah ekonomi kreatif, seni dan budaya.

Ia berharap, objek wisata di Kabupaten Pangandaran menjadi daerah pariwisata yang mendunia seperti wisata di Bali.

"Harapan kami dengan adanya kebijakan dari Pemprov untuk dapat terus membantu kami dalam upaya pembanguanan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014