Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Aboe Bakar al Habsy menilai, pengangkatan Jaksa Agung HM Prasetyo yang merupakan politisi Parti Nasional Demokrat merupakan persoalan serius.

"Pengangkatan Jaksa Agung yang berlatar belakang politik akan menjadi preseden tidak baik. Para jaksa akan cenderung mencari afiliasi politik tertentu supaya nanti bisa terpilih jadi jaksa. Apalagi dua jaksa agung terakhir bukan berasal dari jaksa aktif di internal kejaksaan," kata Aboe Bakar, Jakarta, Sabtu.

Politisi PKS itu menambahkan, pola pengangkatan jaksa yang demikian tentunya akan mematikan jenjang karir di dalam institusi Adiyaksa tersebut.

"Para jaksa tak akan lagi bisa bercita-cita jadi jaksa agung atau memimpin institusinya sendiri, karena jaksa agung kerap diambil dari pensiunan. Oleh karenanya bila mereka bercita-cita menjadi jaksa agung maka harus memiliki afiliasi politik. Tentunya ini akan berdampak buruk pada perkembangan kejaksaan, utamanya pada persoalan kualitas independensi lembaga ini," kata dia.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014