Jakarta (Antara) - Polda Metro Jaya segera menggelar Operasi Zebra Jaya 2014 selama 14 hari terhitung mulai 26 November 2014.

"Operasi ini kami gelar untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam berkendara dan berlalu lintas," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, dengan adanya Operasi Kepolisian Terpusat Zebra Jaya, maka polisi kembali mengingatkan kepada masyarakat pengguna jalan untuk lebih tertib dan displin.

Selain itu juga, polisi akan melakukan penindakkan terhadap para pengendara yang tidak tertib dan displin.

"Kami sedini mungkin akan selalu mnginggatkan kepada pengendara agar mereka patuh aturan dan selalu mengutamakan budaya keselamatan di jalan raya," tutur pria yang menyandang dua bunga di pundaknya itu.

Bukan itu saja, dalam operasi tersebut polisi terus mengingatkan masyarakat agar displin untuk tidak melanggar, disiplin dalam melengkapi identitas diri dan kendaraan serta disiplin dlm Berlalu lintas dgn menghargai pengendarra lainnya.

"Kami selalu memberikan sosialisasi terkait cara berlalu lintas yang baik di jalan raya, sehingga saat operasi ini digelar masyarakat sudah lebih mengerti dan mematuhi aturan dalam berlalu lintas," ucapnya pria lulusan Akpol angakatan 1997 itu.

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2014 itu polisi akan melakukan razia di beberapa tempat di DKI Jakarta dan sejumlah daerah lainnya.

Dalam razia tersebut polisi akan memeriksa kelengkapan-kelengkapan kendaraan bermotor seperti STNK dan SIM serta perlengkapan lainnya seperti helm, spion dan lainnya.

Ia juga mengingatkan kepada para sopir agar selalu menggunakan sabuk pengaman dan untuk pengemudi sepeda motor agar menyalakan lampu utamanya di siang hari.

"Razia dalam operasi ini akan menerapkan dua target operasi diantara pengendara yang melawan arus serta sopir yang berhenti disembarang tempat" ucapnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014