Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menilai, pelaksanaan Forum Perdamaian Global (WPF) memberikan pelajaran berharga untuk mewujudkan perdamaian dunia.

"Melalui acara ini diperoleh resolusi konflik dan penanganannya yang merupakan hal berharga untuk mewujudkan dunia bebas konflik," ujarnya di Jakarta, Sabtu.

Din menyampaikan hal itu dalam rangkaian kegiatan "World Peace Forum" (WPF) ke-5 bertema "Berbagi Pengalaman Resolusi Konflik" diselenggarakan Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerja sama dengan "Cheng Ho Multi Culture Trust of Malaysia" didukung "Centre for Dialogue and Cooperation among Civilisations" (CDCC) diikuti 200 peserta pada 20 hingga 23 November 2014.

Ia mengatakan, pembahasan tentang konflik pada WPF mengangkat pelajaran-pelajaran penting yang berharga baik penangan konflik yang sukses maupun yang belum berhasil.

Sejumlah konflik yang terjadi pada tujuh negara, dikatakannya, dibahas pola penangananya dan menjadi masukan yang berharga bagi resolusi konflik.

"Meskipun konflik yang terjadi memiliki karakter yang berbeda namun pada akhirnya ditemukan benang merah penyebab dan solusi yang dapat diambil," katanya.

Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan dalam menyelesaikan konflik adalah menggunakan pendekatan yang komprehensif dengan melibatkan seluruh pihak terkait.

Din menambahkan, pelaksanaan WPF merupakan upaya mengangkat Islam yang rahmatan lil alamin, membawa rahmat bagi seluruh manusia di muka bumi.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014