Jakarta (ANTARA News) - The United Nations Environment Programme (UNEP) menganugerahkan penghargaan "Champions of the Earth" di bidang "policy leadership" tahun 2014 kepada Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut siaran pers dari Kedutaan Indonesia di Washington yang diterima Antara, Sabtu, penganugerahan  yang diadakan di Washington DC, 19 November 2014, dihadiri sekitar 200 undangan yang terdiri dari tokoh-tokoh dunia antara lain Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Direktur Eksekutif UNEP Achim Steiner.

Susilo Bambang Yudhoyono diwakili oleh anaknya, Mayor Agus Yudhoyono, yang sedang menempuh pendidikan di Amerika Serikat.

UNEP menilai bahwa Susilo Bambang Yudhoyono ketika menjabat sebagai Presiden RI telah berhasil menjalankan program pembangunan berkelanjutan yang mengedepankan pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup.

Susilo Bambang Yudhoyono juga merupakan Presiden negara berkembang yang pertama kali menyampaikan komitmen secara sukarela untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Dalam sambutan yang disampaikan melalui pesan video, Susilo Bambang Yudhoyono memohon maaf tidak dapat hadir dalam acara penganugerahan penghargaan karena harus memimpin pertemuan Global Green Growth Institute (GGGI) di Seoul, Korea Selatan dalam kapasitas sebagai GGGI Assembly President dan Council Chair.

Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan bahwa pada saat memimpin Indonesia, kebijakan pro environment merupakan salah satu pilar pembangunan bersama dengan pro growth, pro poor dan pro jobs.

Langkah konkret pemerintah bagi pelestarian lingkungan hidup antara lain ditunjukan dengan adanya moratorium untuk melindungi hutan, perlindungan terumbu karang, dan komitmen sukarela untuk menurunkan emisi sebesar 26 persen dengan usaha sendiri dan 41% dengan dukungan internasional.

Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan pentingnya peningkatan kerja sama internasional untuk menghadapi tantangan lingkungan hidup global termasuk dalam merumuskan kesepakatan internasional mengenai perubahan iklim. Dia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Indonesia dalam menjalankan program-program di bidang lingkungan hidup.

"Champions of the Earth" merupakan penghargaan utama yang diberikan PBB kepada tokoh-tokoh dunia yang berperan aktif dalam pelestarian lingkungan hidup. Untuk tahun 2014, penghargaan Champions of the Earth di bidang policy leadership juga diberikan kepada Presiden Palau Tommy Remengesau Jr.

Untuk bidang lainnya, yaitu entrepreneurial vision diberikan kepada lembaga US Green Building Council, sedangkan di bidang science and innovation diberikan kepada Sir Robert Watson (pakar atmosfir). "Champions of the Earth" bidang inspiration and action diberikan kepada Boyan Slat (pendiri the ocean cleanup initiative) dan Fatima Jibrell (pendiri Adeso yang merupakan organisasi lingkungan hidup di Somalia).

Untuk bidang lifetime leadership dianugerahkan kepada Sylvia Earle (pemerhati lingkungan) dan Mario Molina (pakar lapisan ozon). 

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2014