Jakarta (ANTARA News) - Ajang kreativitas mendadani mobil terlaris, Avanza Pop You Up diharapkan mampu membantu semakin tumbuhnya industri kreatif di tanah air, khususnya bidang desain.

GM Perencanaan Perusahaan dan Humas PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati, di Jakarta, Minggu, mengatakan sejak pertama kali dipasarkan tahun 2004 sampai September 2014 jumlah Avanza telah terjual lebih dari 1,2 juta unit.

Sebagai mobil terlaris karena sesuai dengan selera pasar Indonesia, Avanza memiliki banyak julukan antara lain, mobil "sejuta umat".

Hal itu mendorong sejumlah para pemilik Avanza berkreasi dengan mendandani mobil mereka, sehingga beda dengan yang lainnya.

"Kami terinspirasi dari konsumen Avanza yang kreatif mendandani mobil mereka sehingga tampil beda," kata Widyawati menjelaskan alasan kegiatan Avanza Pop You Up yang dimulai sejak Juli 2014.

TAM memberi apresiasi kepada pemilik Avanza yang mendandani eksterior mobil mereka, sehingga kelihatan fun, dinamis, elegan, ataupun sporty, dengan kegiatan konvoi keliling kota diiring sejumlah permainan dan lomba berhadiah, di sejumlah kota antara lain Jakarta, kemudian Semarang, dan Surabaya.

Toyota juga mendorong para pemilik Avanza untuk berimajinasi mendesain dandanan luar mobil mereka dalam program Avanza Pop You Up, "Ceritakan Mimpimu dan Kami Wujudkan Untukmu."

"Kegiatan itu diikuti sekitar 100 pemilik Avanza dan ada lima peserta yang terpilih untuk diwujudkan mimpinya," kata Widyawati.

Para pemenang mendapat dana Rp20 juta per orang itu untuk mendadani mobil mereka sesuai keinginan mereka.

Lima peserta terpilih itu adalah Budiono Harianto yang mewujudkan mimpi anaknya Bernard untuk mendadani Avanzanya dengan tema Black TRD, kemudian Eka Martiningsih dengan tema Alto Police Academy, Oktavianus Agung Taryadi dengan tema Black Street Style, Melissa Maureen dengan Purple Monster High Anime, dan Wong Tjwen Hwie dengan Batik Indonesia Maju.

Kelima peserta mengaku senang karena mendapat dana untuk mendandani mobil mereka sesuai selera masing-masing, terutama bagian eksterior yang dihiasi stiker sesuai tema yang mereka inginkan, maupun interior, namun tanpa mengurangi kenyamanan mobil.

"Saat pengumuman, kebetulan sehari setelah ulang tahun perkawinan kami ke-12, sehingga tidak usah beli kado lagi," kata suami Eka Martiningsih.

Lain lagi Maureen, ibu satu anak itu mengaku Avanza menjadi "gue banget" setelah didandani dengan tema Purple Monster High Anime, yang dipenuhi ornamen warna ungu baik eksterior maupun interior.

"Kami senang bisa mewujudkan mimpi para pemilik Avanza," ujar Widyawati yang menyatakan akan mengembangkan acara serupa ke kota-kota besar lainnya.

Ia meyakini kegiatan yang terinsipirasi dari konsumen tersebut akan mendorong industri kreatif di Indonesia, apalagi jika mengingat populasi Avanza yang telah mencapai lebih dari 1,2 juta dan penjualannya masih tetap tinggi di atas 13 ribu unit per bulan.

"Orang Indonesia itu sangat kreatif. Kegiatan Avanza Pop You Up ini akan mendorong tumbuhnya industri kreatif, seperti stiker untuk eksterior body mobil maupun aksesoris lainnya," kata Widyawati.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014