Groningen, Belanda (ANTARA News) - FC Groningen berhasil menahan imbang PSV Eindhoven 1-1 dalam laga lanjutan Liga Belanda Eredivisie di Stadion Euroborg, Groningen, Minggu.

Gol PSV dicetak oleh penyerang Luuk de Jong pada menit 57 lewat sundulan kepalanya menyambut bola umpan silang yang dikirimkan Jetro Willems.

Sementara gol penyama kedudukan bagi Groningen dicetak oleh penyerang andalan mereka Michael de Leeuw, juga melalui sundulan, pada menit 83.

Kehilangan dua pemain andalan mereka gelandang Andres Guardado dan bek kiri Jetro Willems akibat cedera, membuat PSV seolah kehilangan titik keseimbangan permainan sekaligus tiga angka yang seharusnya sudah bisa dikantongi.

Hasil seri tersebut, meski tak mengubah posisi PSV di puncak klasemen dengan raihan 31 poin, namun membuat selisih poin dengan penghuni peringkat dua Ajax Amsterdam hanya tersisa dua poin saja.

Sejak awal laga, PSV berusaha menyerang, namun upaya Luuk de Jong pada menit 5 masih bisa dihalau barisan pertahanan Groningen, sementara tendangan terarah Adam Maher menyambut umpan silang Jetro Willems pada menit 9 dapat diselamatkan penjaga gawang Sergio Padt.

Tuan rumah juga tidak tinggal diam, berusaha tampil keluar namun tendangan Danny Hoesen pada menit 11 masih menyamping di kanan gawang PSV.

PSV lebih banyak melepaskan percobaan tembakan, Opta mencatat sedikitnya 16 kali dilakukan oleh pasukan besutan Philip Cocu itu, namun hanya lima di antaranya yang tepat sasaran, meski tidak satupun berbuah menjadi gol.

Sementara Groningen hanya melepaskan satu kali tendangan terarah melalui penyerang andalan mereka Michael de Leeuw pada menit 37, itu pun masih bisa diselamatkan penjaga gawang Jeroen Zoet, sehingga babak pertama usai dengan kedudukan tetap imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, PSV segera keluar menekan lagi, meski upaya gelandang Georginio Wijnaldum dari luar kotak penalti pada menit 48 masih belum berhasil menembus barisan pertahanan Groningen.

PSV tidak menurunkan tensi permainan mereka, hasilnya serangan bertubi-tubi akhirnya sukses menjebol pertahanan Groningen dan memperoleh keunggulan atas tuan rumah pada menit 57.

Bek kiri Willems yang turut maju membantu serangan melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti Groningen yang disambut sundulan De Jong yang mengoyak gawang Padt.

PSV terus berusaha untuk memperbesar keunggulan mereka, namun Cocu harus menarik kreator serangannya, gelandang Meksiko Andres Guardado, akibat cedera yang dideritanya pada menit 72 dan digantikan Jorrit Hendrix. Masalah belum juga usai bagi PSV lantaran akhirnya otak dibalik gol keunggulan mereka, Willems, harus ditandu keluar dan digantikan Joshua Brenet.

Dua pemain mengalami cedera sontak membuat permaian PSV sedikit goyah, hasilnya, Groningen yang dengan sabar bertahan dan menanti kesempatan melakukan serangan balik sukses mencuri gol penyama kedudukan pada menit 83.

Gelandang pengganti, Mimoun Mahi, yang masuk pada menit 68 menggantikan Maikel Kieftenbeld, menjadi kreator gol tersebut lewat umpan silang yang dikirimkannya ke dalam kotak penalti, yang disambut sundulan De Leeuw.

Di sisa waktu laga, Groningen justru tampil lebih menggebu, bertekad mempermalukan PSV, namun sejumlah upaya mereka tak juga menemui sasaran.

Hingga akhirnya wasit Serdar Gozubuyuk meniup peluit tanda pertandingan usai, kedua tim harus puas menutup laga dengan kedudukan 1-1.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir UEFA.com.

FC Groningen (4-1-2-1-2): Sergio Padt (PG); Hans Hateboer (Martin van der Laan), Eric Botteghin, Johan Kappelhof, Yoell van Nieff (Jafar Arias); Maikel Kieftenbeld (Mimoun Mahi); Jarchinio Antonia, Tom Hiariej; Tjaronn Chery; Danny Hoesen, Michael de Leeuw .
Pelatih: Erwin van de Looi.

PSV Eindhoven (4-3-3): Jeroen Zoet (PG); Santiago Arias, Jeffrey Bruma, Karim Rekik, Jetro Willems (Joshua Brenet); Georginio Wijnaldum, Andres Guardado (Jorrit Hendrix), Adam Maher; Luciano Narsingh (Florian Jozefzoon), Luuk de Jong, Memphis Depay.
Pelatih: Philip Cocu.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014