Jakarta (ANTARA News) - PT MAP Active dengan Kidz Station kembali menggelar Indonesia Gunpla Builders World Cup Competition 2014 (GBWC) yang kesebelas dan mendapatkan dua orang untuk diberangkatkan ke Jepang untuk mewakili Indonesia di GBWC tingkat internasional di Tokyo.

"GBWC adalah acara yang sangat unik dan Kidz Station bekerja sama dengan Bandai Jepang untuk menjadi wadah para penggemar Gundam di Indonesia," kata Ade Sarah, Head of Marketing MAP Active di Jakarta, Minggu.

Ade Sarah mengharapkan, agar acara itu bisa meningkatkan kemampuan dan kreativitas para perakit Gundam di Indonesia.

Peserta dari seluruh Indonesia yang ikut serta akan dinilai oleh Mr. Katsumi Kawaguchi, Master Gundam dari Jepang.

Kriteria penjurian meliputi kemampuan mengecet atau painting, modifikasi dan dekorasi (material) serta kreatifitas yang meliputi diorama, keaslian ide, pose, warna, dan konsep.

"Tahun ini animo cukup tinggi karena diikuti 97 orang peserta, di antaranya 72 orang untuk Kategori Open dan 25 orang untuk Kategori Junior," kata Ade.

"Yang berbeda kali ini, kami membuka kategori baru, yakni Web Entry. Ini khusus untuk kota Surabaya, Balikpapan, Semarang, dan Bali." Gundam milik Miming Christian Suherli dengan tema 'The Rise of Gatotkaca' dari Kategori Junior akan mewakili Indonesia di Jepang. Sementara untuk Kategori Open akan diwakili Antonius dengan tema 'Der Damonen Von Zeon'.

"Indonesia tidak kalah dengan Jepang sebagai negara asal usul Gundam. Karena kita pernah berjaya sebagai pemenang di Gunpla Builders World Competition pada 2010 dan 2012," kata Ade. "Kami berharap tahun ini bisa mengalahkan negara-negara lain." Ade menambahkan,

"Dua orang wakil Indonesia itu nanti akan diadu oleh pemenang dari Jepang, Malaysia, Korea, Amerika, Singapura, dan negara lain pada Desember di Tokyo, Jepang." GBWC 2014 ini diadakan pada 12-23 Desember 2014 di Mall Kota Kasablanka. Pada puncak acara diumumkan para pemenang dan dihibur oleh cosplay.

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014