Lille (ANTARA News) - Roger Federer tampil gemilang untuk menghancurkan Richard Gasquet dengan skor 6-4, 6-2, 6-2, dan mengunci gelar Piala Davis perdana untuk Swiss melalui kemenangan 3-1 atas tuan rumah Prancis pada Minggu.

Juara Grand Slam sebanyak 17 kali itu sempat mengalami masalah cedera punggung pada akhir pekan, dan ia bangkit dari kekalahan dari Gael Monfils pada Jumat untuk memberikan kekalahan ketiga bagi Prancis pada tiga final terakhirnya.

Dengan servis Federer yang angkuh, terdapat aroma ketidakberdayaan di udara di Stadion Pierre Mauroy meski terdapat dukungan dari 27.448 penonton, dan Gasquet juga tidak bermain buruk.

Ia melakukan lebih banyak kesalahan daripada petenis Prancis itu - 24 berbanding 21 - namun melepaskan 62 pukulan kemenangan, berlutut sebelum terbujur di lapangan setelah memastikan kemenangan dengan pukulan "drop shot."

Petenis Swiss itu hanya kehilangan empat angka pada servisnya di set pembuka, yang ia kunci dengan pukulan forehand setelah mematahkan servis Gasquet pada game ketiga.

Melakukan beberapa variasi pukulan untuk memberikan dampak yang lebih merusak, Federer mempermainkan lawannya, yang kehilangan servis pada game pertama dan ketujuh ketika petenis Swiss itu memenangi set kedua dengan pukulan "drop shot" serta tidak kehilangan satu "break point" pun.

Gasquet, yang dikirim bermain di lapangan tanah liat oleh kapten Arnaud Clement untuk mengisi posisi Jo-Wilfried Tsonga, terlihat lebih baik pada awal set ketiga ketika Federer menjadi ceroboh.

Namun petenis Swiss itu, yang mengundurkan diri dari final Tur Dunia ATP Minggu lalu karena cedera punggung, masih merupakan petenis yang lebih tajam dan ia mematahkan peluang pertama lawannya pada game kelima, ketika Gasquet melepaskan pukulan backhand melebar.

Stan Wawrinka memberi mereka nilai pertama dengan mengalahkan Tsonga pada pertandingan tunggal pertama, sebelum Monfils menyamakan kedudukan pada Jumat.

Swiss unggul 2-1 menjelang pertandingan tunggal pada Minggu, setelah pasangan Wawrinka dan Federer menaklukkan Gasquet dan Julien Benneteau pada pertandingan kategori ganda pada Sabtu.

Pertandingan kelima antara Wawrinka melawan Monfils otomatis dibatalkan, demikian Ruters.

(H-RF)



Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014