Manokwari (ANTARA News) - Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende mengatakan bahwa sebanyak 500 anggota Brimob akan didatangkan dari luar Papua untuk mengisi Polda Papua Barat, yang dalam waktu dekat ini akan diresmikan oleh Kapolri.

"Sebanyak 500 personil anggota Brimob yang akan didatangkan untuk Polda Papua Barat berdasarkan keputusan Kapolri," kata Irjen Pol Yotje Mende kepada Antara, Minggu.

Dia mengatakan bahwa di Papua Barat sudah ada satu detasemen dan satu kompi Brimob, sehingga tinggal menambah satu setengah detaseman dengan jumlah 500 personil.

Ia menyampaikan polisi umum seperti Lalulintas dan Reskrim yang nantinya mengisi Polda Papua Barat berasal dari Polda Papua berjumlah 150 anggota.

Di antara 150 personil yang disiapkan untuk mengisi Polda Papua Barat terdapat 23 pejabat yang akan mengisi jabatan-jabatan sebagaimana kebutuhan organisasi Polri khususnya Polda Papua Barat.

Dia menyampaikan personil yang disiapkan untuk mengisi Polda Papua Barat diprioritaskan bagi mereka yang keluarganya berada di Manokwari.

"Hal itu dilakukan agar personil tidak kesulitan tempat tinggal sebab asrama bagi personil Polda Papua Barat belum dibangun," ujar Kapolda. 

Pewarta: Ernes B. Kakisina
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014