Kano, Nigeria (ANTARA News) - Para ekstrimis Boko Haram menyerang dan membantai 48 pedagang ikan di dekat perbatasan Nigeria-Chad, kata kepala asosiasi penjual ikan setempat seperti dikutip AFP.

"Puluhan laskar Boko Haram memblokir rute yang menghubungkan Nigeria dengan Chad dekat desa nelayan Doron Baga di tepi Danau Chad Kamis dan membunuh 48 pedagang ikan yang sedang menuju Chad untuk membeli ikan," kata Abubakar Gamandi, kepala asosiasi itu kepada AFP.

Gamandi menerangkan, setelah memasang barikade di Dogon Fili, 15 km dari Doron Baga di negara bagian Borno, para penyerang menghentikan konvoi pedagang ikan sekitar tengah hari, untuk diam-diam membantai beberapa dari mereka, sedangkan yang lainnya ditenggelamkan ke danau.

"Orang-orang bersenjata Boko Haram menyembilih beberapa pedagan ikan dan mengikat tangan serta kaki mereka satu sama lain sebelum mendorong mereka masuk danau hingga tenggelam," kata Gamandi.

Tidak jelas apa yang melatarbelakangi serangan mengerikan itu, apakah hanya perampokan atau ada alasan lain untuk pembunuhan itu.

Seorang perwira militer di Maiduguri, sekitar 180 km dari Doron Baga, memastikan memang ada serangan di Doron Baga, tetap rinciannya masih belum jelas benar.

"Kami sudah mendengar soal serangan di dekat Doron Baga tetapi kami tidak mempunyai keterangan rinci soal itu karena wilayah tersebut ada dalam yurisdiksi operasional MNJTF," kata dia.

MNJTF adalah Gugus Tugas Bersama Multinasional yang terdiri dari pasukan Nigeria, Chad dan Niger, untuk memerangi Boko Haram.  MNJTF dibentuk pada 1998.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014