Los Angeles (ANTARA News) - Boyband One Direction berjaya di ajang American Music Awards pada Minggu (23/11) malam waktu setempat.

Boy band asal Inggris itu memenangi penghargaan tertinggi sebagai artis tahun ini, dan memimpin perolehan penghargaan dengan meraih tiga penghargaan.

Selain penghargaan sebagai artis tahun ini, One Direction memenangi penghargaan kategori band pop/rock favorit dan album pop/rock favorit untuk "Midnight Memories".

"Sangat menakjubkan karena kami bekerja sangat keras dalam dua album terakhir ini," kata Liam Payne, salah satu anggota One Direction, seperti dilansir kantor berita Reuters.

Kekuatan boyband juga ditunjukan oleh pendatang baru dari Australia, 5 Seconds of Summer, yang memenangi penghargaan sebagai artis pendatang baru dambaan.

Sementara Iggy Azalea, penyanyi rap pendatang baru dari Australia, memenangi penghargaan untuk album rap/hip hop terbaik dengan "The New Classic" dan penghargaan artis rap/hip hop favorit mengungguli Eminem dan Drake dalam dua kategori itu.

"Sangat berarti bagi saya bahwa memenangi penghargaan hip-hop terbaik karena itulah yang mengilhami saya untuk pindah ke Amerika," kata penyanyi rap berusia 24 tahun itu.

"Sangat berarti saya bisa berdiri di sini berhadapan dengan Eminem dan Drake dan hasilnya seperti ini," kata Azalea, yang kemudian tampil membawakan medley lagu-lagu hitnya seperti "I'm So Fancy" dan "Beg For It."

Sementara Taylor Swift, yang tampil seksi membawakan lagu "Blank Space" di panggung ajang penghargaan itu, mendapat penghargaan perdana Dick Clark Award for Excellence, untuk mengenang pendiri American Music Awards yang meninggal dunia tahun 2012. Dia menerima penghargaan itu dari divaR&B Diana Ross.

Penyanyi soul Inggris Sam Smith (22) menutup sukses tahun ini dengan memenangi penghargaan sebagai artis pria pop/rock favorit  dan Luke Bryan memenangi penghargaan sebagai artis country pria terfavorit.

Katy Perry juga memenangi tiga penghargaan, tapi tidak menghadiri acara penganugerahan karena sedang tur di Australia.

Acara yang berlangsung sekitar tiga sampai empat jam dan disiarkan langsung di ABC itu dimeriahkan oleh penampilan Taylor Swift, One Direction, Ariana Grande, dan Lorde, yang membawakan "Yellow Flicker Beat", lagu latar film "Hunger Games: Mockingjay Part 1".

Lalu ada penyanyi Inggris Charli XCX yang menyanyikan "Boom Clap" dan "Break the Rules" dan boyband Australia 5SOS membawakan lagu "What I Like About You" dari The Romantics.

Wyclef Jean bergabung dengan grup reggae pop Kanada MAGIC! mengajak penonton bergoyang dengan single dari MAGIC! yang berjudul "Rude".


Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014