Los Angeles/New York (ANTARA News) - Film "The Hunger Games: Mockingjay Part 1" unggul di tangga film box office akhir pekan dan memperoleh pendapatan pembukaan terbesar dengan penjualan tiket akhir mencapai 123 juta dolar AS menurut perkiraan studio Lionsgate.

Bagian ketiga dari seri film laga "Hunger Games" yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence itu mendapat tambahan 152 juta dolar AS dari box office luar negeri sehingga total penghasilan untuk pemutaran perdana film tersebut pada akhir pekan secara global mencapai 275 juta dolar AS menurut perusahaan pelacak Rentrak.

"Mockingjay" memperoleh 17 juta dolar AS dalam pemutaran pada Kamis malam dan meraih pendapatan terbaik pada Kamis tahun ini. Namun pendapatan film itu masih lebih rendah dibandingkan dengan proyeksi industri sekitar 148 juta dolar AS sampai Minggu.

"Akhir pekan ini akan berakhir dengan penurunan dibandingkan dengan pemutaran film 'Hunger Games' kedua tahun lalu, saat film 'Hunger Games: Catching Fire' memimpin dengan pendapatan 158,1 juta dolar AS," kata Paul Dergarabedian, analis senior Rentrak.

Menurut Boxofficemojo, film "Hunger Games" yang pertama meraih pendapatan 152,2 juta dolar AS dalam pembukaan akhir pekan tahun 2012.

Dalam "Mockingjay", Lawrence berperan sebagai Katniss Everdeen, pemanah muda yang menjadi wajah pemberontakan massa dalam distopia masyarakat pasca-kehancuran.

Lionsgate, studio yang menggarap serial "The Hunger Games", membagi bagian terakhir buku trilogi fiksi ilmiah Suzanne Collins menjadi dua film, dengan rencana peluncuran selanjutnya tahun 2015.

Sementara film animasi produksi Walt Disney "Big Hero 6" menduduki posisi kedua tangga film box office dengan penjualan tiket 20,1 juta dolar AS selama tiga hari dari Jumat hingga Minggu, dan meraih total pendapatan 135,7 dolar AS dalam tiga pekan.

Film tentang petualangan luar angkasa karya sutradara Christopher Nolan "Interstellar" berada di posisi ketiga dengan pendapatan 15,1 juta dolar AS pada tangga box office di Amerika Serikat dan Kanada. Film itu meraih pendapatan total 120,6 juta dolar AS sejak pembukaan pada 5 November.

Film yang menjadi juara box office akhir pekan lalu "Dumb and Dumber To" jatuh ke posisi keempat dengan hasil penjualan tiket 13,8 juta dolar AS dan film karya sutradara David Fincher "Gone Girl" memperoleh pendapatan 2,8 juta dolar AS dan berada di posisi kelima, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters. (Uu.Y012)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014