London (ANTARA News) - Versi baru lagu Band Aid 30 "Do They Know it's Christmas" yang ditujukan untuk mengumpulkan dana bagi upaya memerangi penyebaran penyakit Ebola di Afrika langsung menduduki puncak tangga lagu Inggris pada Minggu (23/11), kata Official Charts Company.

Lagu itu terinspirasi lagu selebriti berjudul sama dengan lirik berbeda yang direkam tahun 1984 dan berhasil mengumpulkan dana jutaan poundsterling untuk upaya memerangi kelaparan di Afrika.

Bob Geldof, mantan vokalis dari band rock Irlandia Boomtown Rats, membantu pembuatan lagu "Do They Know its Christmas" versi baru dan lama.

Lagu versi baru, yang terjual lebih dari 200.000 kopi minggu lalu dan menjadi single yang paling cepat terjual tahun ini telah menuai kritik dari beberapa warga Afrika dan artis rekaman yang lain yang menyebut lagu penggalangan dana itu merendahkan dan memanfaatkan mitos tentang kemalangan di benua Afrika.

Para penyelenggara penggalangan dana lewat lagu itu membantah komentar tersebut dan mengatakan lagu itu akan menggalang sebanyak mungkin dana yang sangat dibutuhkan untuk melawan Ebola. Mereka menyebut lagu itu telah menghasilkan satu juta poundsterling dalam hitungan menit peluncurannya.

Lagu "Do They Know its Christmas" versi Band Aid 30 menggeser kedudukan juara pekan lalu, versi selebriti dari lagu "Wake Me Up" karya Avicii ke posisi ketujuh.

Lagu "Wake Me Up" versi selebriti ditujukan untuk penggalangan dana program bantuan amal "Children in Need".

Dalam tangga album Inggris, album milik boyband One Direction berjudul "Four" yang baru dirilis menduduki posisi pertama dan menggeser album baru grup rock progresif Inggris Pink Floyd "The Endless River" ke tempat keempat. (Uu.Y012)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014