Beijing (ANTARA News) - Atlet renang gaya bebas 1.500 meter Tiongkok, Sun Yang, harus menerima hukuman pencabutan gelar juara nasional menyusul kegagalannya melewati tes dopping selama kejuaraan nasional pada Mei, demikian laporan Asosiasi Renang Zhejiang, Senin.

Badan Anti-Dopping Tiongkok (CHINADA) menyatakan juara dunia renang itu terbukti positif mengkonsumsi zat trimetazidine pada 17 Mei selama kejuaraan renang nasional Tiongkok dan telah dihukum tiga bulan hingga 16 Agustus.

"Saya telah menjalani sejumlah tes dopping selama bertahun-tahun latihan dan kompetisi dan saya tidak pernah gagal satu pun sebelumnya," kata Sun yang juga dihukum denda sekitar 816 dolar AS.

Penduduk asli Zhejiang itu mengatakan kaget dan depresi ketika menerima hasil tes dopping. Tapi, hasil itu justru membuatnnya lebih menghargai kehidupan olahraga.

"Saya akan mengambil ini sebagai sebuah pelajaran dan lebih berhati-hati pada masa mendatang," kata Sun.

Asosiasi Renang Zhejiang mengatakan asosiasi provinsi dan sejumlah pengurus terkait juga dihukum oleh Asosiasi Renang Tiongkok.

Sun harus menjalani pengujian sampel B dan menyangkal hasilnya pada Juli dalam sebuah dengar pendapat ketika para pakar memutuskan hukuman tiga bulan kepadanya.

Sun mengatakan alasan medis penggunaan obat itu dan tidak sadar jika itu adalah obat yang termasuk dalam daftar larangan Badan Anti-Doping Dunia 2014. Trimetazidine adalah zat yang dapat meningkatkan cadangan aliran koroner sehingga dimasukkan dalam daftar pada Januari 2014.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014