Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI Viva Yoga Mauladi mengingatkan fokus terhadap infrastruktur merupakan hal yang esensial guna mendukung peningkatan daya saing perekonomian nasional.

"Salah satu daya dukung unggulan untuk peningkatan daya saing bangsa adalah salah satunya di infrastruktur. Infrastruktur sangat penting dan strategis," kata Viva Yoga Mauladi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut dia, infrastruktur yang baik akan memotong biaya transportasi, dan bisa dikembangkan untuk subsektor yang lain.

Selain itu, lanjutnya, Indonesia tidak harus terpaku dengan sumber daya alam karena titik tekan daya saing negara-negara yang sudah unggul ada pada inovasi dan kreatifitas sumber daya manusianya.

"Pengembangan infratruktur yang bagus dan massif, dampak positifnya adalah semakin berkurangnya disparitas ekonomi antar daerah. Dengan bagusnya infrastruktur, diharapkan terjadi koneksitas yang lebih seimbang, lalu akan menghidupkan kluster atau sentra ekonomi yang memiliki potensi sesuai dengan basis di daerahnya," kata Viva.

Ia mengemukakan bahwa anggaran untuk mewujudkan semua tentu tidak hanya bergantung kepada APBN semata tetapi harus ada konstribusi dari luar negara yakni para investor.

(T.M040/B/E001/E001) 24-11-2014 20:47:42

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014