Sydney (ANTARA News) - Film Australia "The Mule" membuat gebrakan baru dengan melewatkan bioskop dan langsung memulai debut di toko daring iTunes demi melawan pembajakan dan menarik perhatian penonton yang biasa menonton film-film Hollywood dengan biaya promosi besar-besaran.

"The Mule", yang sudah tersedia untuk pengunduhan berbayar, merupakan film indie paling populer di iTunes Amerika Serikat dan Australia pekan ini.

Film tersebut akan diluncurkan dalam bentuk DVD pada 3 Desember 2014.

Dalam iklan promosi yang ditargetkan untuk para pengguna Twitter, penonton di seluruh dunia diajak bersama-sama menonton film komedi gelap tersebut pada 7 Desember sambil mengirim cuitan kepada para pemeran dan kru film dengan tagar #TheMuleLive.

"Bagi kami, dalam ketiadaan sumber daya penuh dan kampanye pemasaran bioskop, keputusan untuk melewatkan penayangan di bioskop adalah yang paling logis," kata Angus Sampson, pemeran, sutradara dan juga penulis "The Mule".

"Kami tidak punya banyak (uang) jadi saya berusaha menggunakannya dengan bijak," kata dia seperti dilansir kantor berita Reuters.

Badan nasional promosi film Screen Australia pekan lalu melaporkan bahwa semakin banyak masyarakat Australia yang menonton televisi dan film daring.

Menonton lewat internet menawarkan peluang baru bagi film-film Australia yang hanya menyumbang 3,5 persen dari total pendapatan box office negara itu pada 2013.

"Saya pikir pasar akan berubah," kata CEO Screen Australia Graeme Mason.

"Distribusi digital dan sifatnya yang egaliter dapat menjadi peluang luar biasa untuk film khusus dan film lokal di tiap negara."

Pengunduhan ilegal merupakan tantangan yang diperparah dengan jeda empat bulan yang dibutuhkan film di Australia untuk bisa diluncurkan dalam bentuk digital dan DVD sejak dirilis di bioskop.

"Saya pikir apa yang ingin dilakukan 'The Mule' adalah mencegah pembajakan dengan membuat film tersedia secara online dan memudahkan penonton untuk mendapatkan dengan cara legal," kata akademisi film Australia Lauren Carroll Harris.

"The Mule" menampilkan Sampson sebagai pria yang kembali dari Thailand dengan perut yang penuh dengan heroin dan perjuangannya untuk tetap bertahan selama berada di bawah pengawasan polisi.

Aktor Australia yang berperan dalam film tersebut antara lain Hugo Weaving, yang berperan sebagai Agen Smith di trilogi "The Matrix". (Uu.SDP-85)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014