Event kejuaraan ini digelar untuk mematangkan pola kaderisasi."
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persaudaraan Beladiri Kempo Indonesia (Perkemi) menggelar multievent di sejumlah wilayah untuk menjaring atlet-atlet berprestasi dalam rangka kaderisasi.

"Event kejuaraan ini digelar untuk mematangkan pola kaderisasi. Semakin banyak atlet kempo yang berprestasi melalui berbagai kejuaraan yang diikuti, semakin banyak pula atlet-atlet yang akan mengganti senior diatasnya," kata Wakil Ketua Umum Kusumo A Martoredjo di Jakarta, Selasa.

Martotedjo menambahkan pembinaan atau pola kaderisasi dilakukan sejak usia dini melalui pekan olahraga pelajar, kemudian terus berkembang mengikuti kejuaraan-kejuaraan daerah, kejuaraan nasional serta open turnamen.

"Pekan olahraga pelajar berjalan bagus dan kalender program berjalan sesuai perencanaan, kata dia.

Presiden Southeast Asia Shorinji Kempo Association (Seaska) itu menambahkan hingga akhir tahun beberapa iven bertajuk kejuaraan daerah, kejuaraan nasional serta open turnamen akan dilaksanakan Perkemi di berbagai daerah.

Sekarang ini kata dia sementara berlangsung kejuaraan nasional antardojo atau sasana di Yogyakarta.

Selanjutnya, tanggal 19-21 Desember akan dilaksanakan kejuaraan daerah kempo di Lampung, di waktu yang sama juga akan dilaksanakan Turnamen Terbuka Bengkalis yang pesertanya juga akan hadir dari Malaysia dan Singapura.

Sementara 20-21 Desember akan dilaksanakan kejuaraan daerah antardojo di Aceh serta kejuaraan daerah kempo di Kendari yang akan berlangsung 22-29 Desember.

"Berilah kesempatan kepada atlet-atlet muda untuk bertarung dan berpestasi. Kalau mereka yang sudah pernah ikut Sea Games, pelatnas atau PON sebaiknya tidak ikut. Ini penting untuk kaderisasi juga," ungkapnya.

Pewarta: Karel AP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014