Momentum emas bagi Indonesia adalah dalam kurun waktu tiga hingga lima tahun ini karena ini merupakan saat yang tepat untuk reformasi kebijakan struktural ekonomi yang dapat membawa perubahan positif secara jangka panjang."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan pemerintah berencana mempermudah pengurusan izin bisnis satu pintu untuk meningkatkan investasi terutama sekror usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Usaha kecil cukup dengan satu izin, dari camat atau lurah," katanya dalam seminar tahunan DBS Asian Insights yang bertajuk "Gamechanger: Championing a Better Indonesia" di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya berencana memberikan pengurusan izin bisnis satu pintu atau one stop service itu secara menyeluruh baik izin bisnis tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten.

Pengurusan izin bisnis itu dilakukan untuk memberikan potensi dinamis bangsa dalam menciptakan lapangan kerja sendiri dengan mengembangkan usaha mandiri.

Sementara itu, Ekonom DBS Group Research Gundy Cahyadi mengatakan perbaikan kebijakan izin bisnis akan mendorong investasi.

"Indonesia perlu menciptakan iklim investasi yang kompetitif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Gundy.

Di tengah ketidakpastian ekonomi dan pasar global saat ini, katanya, bangsa Indonesia menghadapi tantangan untuk membawa perubahan ekonomi menjadi kuat secara finansial, berkelanjutan, dan berkeadilan sosial.

Bagi kami yang penting adalah melihat implementasi kebijakan pemerintah secara bertahap namun konsisten.

Ia mengatakan pemerintah perlu memperbaiki kebijakan struktural perekonomian untuk mendorong perekonomian stabil beberapa tahun ke depan.

"Momentum emas bagi Indonesia adalah dalam kurun waktu tiga hingga lima tahun ini karena ini merupakan saat yang tepat untuk reformasi kebijakan struktural ekonomi yang dapat membawa perubahan positif secara jangka panjang," ungkapnya.

Kemudian, pengamat keuangan dan pendiri Independent Research and Advisory Indonesia Lin Che Wei mengatakan kunci mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah eksekusi yang baik oleh pemerintah dan menggapai 'low-hanging fruits' untuk membangun momentum, misalnya dengan mengubah kebijakan untuk debottle-necking prosedur perizinan bisnis di Indonesia.

Pewarta: Martha Herinawati Simanjuntak
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014