Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Andrinof Chaniago, mengatakan pemerintah akan menawarkan 100 taman teknologi tingkat kota dan kabupaten untuk membina dan meningkatkan pemahaman teknologi terapan masyarakat.

"Tahun 2015 akan ditawarkan ke 100 kota dan kabupaten, mereka akan mengajukan proposal kesiapan kalau mereka punya lahan," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) itu setelah seminar tahunan DBS Asian Insights yang bertajuk "Gamechanger: Championing a Better Indonesia" di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan anggaran yang digunakan untuk membiayai satu taman teknologi sebesar Rp10 miliar per tahun.

"Kalau sudah ditetapkan di anggaran APBN Perubahan ya bisa dipakai. Anggarannya kecil satu tahun, dibuat jadi multi years sekitar dua hingga tiga tahun, rata-rata setahun Rp10 miliar untuk satu taman kota," tuturnya.

Ia mengatakan taman kota akan dilengkapi teknologi sederhana bukan teknologi tinggi, disesuaikan dengan anggaran yang ada.

Taman teknologi, lanjutnya, akan menjadi tempat pelatihan, pengembangan teknologi terapan dan pembinaan masyarakat dalam meningkatkan keahlian dalam mengelola sumber daya potensialnya.

(SDP-82)




Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014