Paris (ANTARA News) - Zlatan Ibrahimovic menginspirasi Paris St Germain untuk menang 3-1 atas tamunya Ajax Amsterdam pada Selasa (Rabu WIB), yang membuat mereka hanya memerlukan satu angka dari pertandingan terakhirnya di fase grup Liga Champions saat bertandang ke markas Barcelona untuk memuncaki Grup F.

Sang juara Prancis, yang sekarang telah mencatatkan tidak terkalahkan dalam 20 pertandingan di semua kompetisi musim ini, mengkoleksi 13 angka dari lima pertandingan setelah Edinson Cavani membukukan dua gol dan Ibrahimovic mencetak gol melalui sepakan setengah voli.

Ajax sempat menyamakan kedudukan melalui Davy Klaasen, yang mendapat keuntungan dari berkurangnya konsentrasi di jantung pertahanan PSG.

Barcelona berada di peringkat kedua dengan tertinggal satu angka, setelah mengalahkan APOEL Nicosia dengan skor 4-0.

Ajax memiliki dua angka dan APOEL satu angka, sebelum mereka saling berhadapan di Belanda pada 10 Desember, untuk mempertaruhkan satu tiket ke Liga Europa.

Ibrahimovic bermain di Liga Champions untuk pertama kalinya sejak pertandingan fase grup pertama PSG di kandang Ajax, dan penyerang Swedia itu tidak tampil mengecewakan, mengkreasikan gol pertama sebelum mengunci kemenangan ketika PSG terlihat akan mendapatkan hasil imbang.

Itu merupakan gol perdana Ibrahimovic sejak ia kembali dari cedera tumit awal bulan ini, setelah nyaris dua bulan menepi.

Gregory van der Wiel beruntung dapat lolos dari hukuman atas tekel kasarnya terhadap kapten Ajax Nicolai Boilesen, yang digantikan oleh Nick Viergezer pada menit kesepuluh.

PSG mendapat peluang pada menit ke-24 setelah Lavezzi mendapatkan operan dari Ibrahimovic pada skema serangan balik, namun tembakan pemain Argentina ini mengarah lurus ke Jasper Cillesen ketika sepakan lembut sudah akan dapat menghasilkan gol.

Lavezzi kembali mendapat operan dari Ibrahimovic dan kali ini ia membuat keputusan yang tepat di depan Cillesen, dengan menggulirkan bola menuju jalur lari Cavani yang dengan mudah memasukkan bola ke gawang yang kosong.

Ajax mendominasi penguasaan bola, namun mereka gagal mencetak gol sampai menit ke-67.

Ricardo Kishna mengirimkan umpan silang sempurna dari sayap kiri untuk Klaasen, yang menyamakan kedudukan melalui tandukan sambil menjatuhkan badan setelah ia tidak terkawal baik oleh Marquinhos dan David Luiz.

Laurent Blanc kemudian menggantikan Lavezzi dengan penyerang Brazil Lucas, namun Ibrahimoviclah yang membuat perbedaan, mencetak gol dengan sepakan setengah voli setelah menguasai bola operan Javier Pastore dengan dada pada menit ke-79.

Cavani mengunci kemenangan timnya lima menit kemudian, mengecoh Cillesen dan mendorong bola ke gawang yang kosong setelah mencuri operan ke belakang dari Niki Zimling.

(H-RF)

(Uu.SYS/C/H-RF/A/A016) 26-11-2014 05:54:46

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014