bagi yang sudah berhaji agar menahan diri untuk berangkat haji lagi, supaya memberikan kesempatan yang lainnya
Banjarmasin (ANTARA News) - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyatakan pada tahun 2015 pihaknya akan membuat kebijakan terkait keberangkatan haji hanya boleh bagi haji perdana alias belum pernah berhaji sebelumnya.

"Pada 2015 nanti, saya akan mengambil keputusan atau kebijakan untuk keberangkatan haji itu hanya bagi yang sama sekali belum pergi haji, itu yang menjadi prioritas," tegasnya saat berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu.

Kebijakan itu, tandasnya, karena kuota yang dimiliki Indonesia sangat terbatas dengan tingginya animo masyarakat hampir di setiap daerah, termasuk di Kalsel.

"Karena animo masyarakat yang sangat besar untuk berangkat haji, maka akan kita lihat mana yang belum sama sekali berhaji, karena bagi mereka yang belum berhaji itu wajib hukumnya, sementara yang sudah itu hanya sunnah," tegasnya.

"Jadi saya mohon dengan hormat seluruh masyarakat khususnya bagi warga masyarakat Kalsel ... bagi yang sudah berhaji agar menahan diri untuk berangkat haji lagi, supaya memberikan kesempatan yang lainnya," pinta dia.

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014