... batal ke Pasar Bawah...
Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo batal blusukan ke Pasar Bawah Pekanbaru setelah sebelumnya dijadwalkan mengunjungi pasar wisata itu, Rabu sore.

"Pak Jokowi batal ke Pasar Bawah, dia akhirnya menginap di Hotel Pekanbaru. Besoknya belum tahu bagaimana protokolernya," kata Staf Humas Pemerintah Riau, Jefry, di Pekanbaru, Rabu.

Sementara itu di Pasar Bawah mulai dari pedagang, relawan, hingga warga biasa sudah menanti kedatangan Jokowi di akses jalan masuk dan di dalam bangunan pasar.

Batal blusukan tersebut mulai diketahui kira-kira sejak pukul 17.15 WIB. Akibatnya, perlahan-lahan masyarakat yang memenuhi pasar itu meninggalkan tempat, dijaga ketat personel TNI dan polisi.

Jokowi berkunjung ke Riau, Rabu ini, dengan agenda peninjauan lokasi kebakaran lahan memakai helikopter di Kabupaten Kepulauan Meranti. Penerbangan helikopter VVIP itu juga batal. 

Rombongan kepresidenan yang telah terbang dari Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, terpaksa berbalik arah di tengah perjalanan karena cuaca buruk.

Semula Jokowi direncanakan akan melihat Taman Nasional Tesso Nilo, Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu dan singgah di Kepulauan Meranti.

Di Kepulauan Meranti, rencananya dia akan meninjau lokasi kebakaran lahan, kilang sagu, dan berdialog dengan warga setempat. Sedangkan, rute pulangnya akan melintasi Pulau Padang dan Danau Zamrud.

Setelah batal "blusukan" ke daerah rawan terjadi kebakaran lahan dan hutan, rombongan Presiden Jokowi dijadwalkan menjumpai masyarakat di Pasar Bawah, yaitu pasar wisata di Kota Pekanbaru, yang akhirnya batal.

Presiden sendiri sebelumnya tiba menggunakan pesawat Kepresidenan di Bandara SSK II Pekanbaru sekitar pukul 13.11 WIB, terlambat sekitar satu jam dari jadwal semula. 

Pewarta: Bayu Adha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014